Video Jokowi Joget Tanpa Masker Viral, Apa Benar Begitu?

82
Video Presiden Jokowi berjoget di Kaimana, Papua Barat, viral di media sosial dan dikaitkan dengan situasi pandemi Covid-19. (Foto: tangkapan layar video)

Muslim Obsession – Video Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang berjoget bersama masyarakat berpakaian adat di Kaimana, Papua Barat, tanpa menggunakan masker belum lama ini beredar di media sosial (medsos).

Sebuah narasi ditambahkan dalam video tersebut, bahwa pandemi Covid-19 sudah tidak ada lagi di Indonesia, sehingga penerapan protokol kesehatan tidak berlaku lagi.

Apakah benar demikian?

Menanggapi video tersebut, Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Fadjroel Rachman angkat bicara melalui akun twitternya.

Fadjroel menyebutkan, kegiatan dalam video tersebut dilakukan oleh Presiden sebelum pandemi Covid-19.

Lewat cuitannya, Fadjroel menjelaskan bahwa kebersamaan Presiden Jokowi dengan masyarakat di Kaimana itu terjadi pada 27 Oktober 2019 atau sebelum ada pandemi Covid-19.

Karena itu, ketika video tersebut dinarasikan seolah-oleh virus Corona telah hilang dan penerapan prokes tidak perlu dilakukan adalah tidak benar.

“Saya bersama Presiden @jokowi & Ibu Negara Iriana MENARI di KAIMANA pada 27 Oktober 2019, BELUM ADA PANDEMI COVID-19. Kunjungan kerja pertama ke #PAPUA setelah pelantikan periode ke-2> Jokowi Diserang Isu Liar Joget Tak Bermasker Padahal Sebelum Pandemi,” kicau Fadjroel melalui akun Twitternya yang dikutip pada Kamis (7/10/2021).

Seperti diketahui, Presiden Jokowi diserang isu liar berjoget dengan tidak bermasker di Kaimana, Papua Barat. Isu liar lewat video tersebut bahkan viral di media sosial dan dikaitkan dengan situasi pandemi Covid-19. Padahal faktanya video itu terjadi sebelum pandemi.

Tampak dalam video yang beredar itu, Jokowi tampak mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana panjang hitam. Kemudian di sekeliling Jokowi, terlihat sejumlah orang mengenakan pakaian adat Papua Barat.

Jokowi dan sejumlah orang berpakaian adat tersebut tampak berjoget dengan diiringi musik. Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga terlihat di dalam video itu. (Poy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here