UU Baru, Wanita Saudi Boleh Masuk Jajaran Angkatan Bersenjata

295
Angkatan Bersenjata Saudi (Foto: Daily Sabah)

Riyadh, Muslim Obsession – Kementerian Pertahanan Kerajaan mengumumkan bahwa mulai sekarang wanita Saudi boleh masuk jajaran angkatan bersenjata.

“Ini adalah pertama kalinya mereka dapat dipertimbangkan untuk peringkat yang lebih senior,” ungkap harian internasional Arab Asharq Al-Awsat, Kamis (3/10/2019).

“Dengan undang-undang baru ini yang mendukung kemampuan dan hak-hak perempuan sebagai warga negara, secara alami, mereka akan memasuki bidang pekerjaan baru, ini merupakan cerminan dari kepercayaan nasional terhadap kesetaraan antara perempuan dan laki-laki,” kata anggota Dewan Syura Haya Al-Muni’i kepada Asharq Al-Awsat.

Di bawah skema tersebut, wanita sekarang dapat bergabung sebagai kopral tombak, kopral, sersan, dan sersan staf di Angkatan Darat Kerajaan Saudi, Angkatan Udara Saudi Arabia, Angkatan Udara Saudi Arabia, Angkatan Pertahanan Arab Saudi, Angkatan Rudal Strategis Saudi Arabia, Angkatan Rudal Strategis Saudi Arabia dan Layanan Medis Angkatan Bersenjata.

Inisiatif ini merupakan bagian dari Visi Kerajaan 2030 untuk memberdayakan wanita Saudi dan memperluas peran yang mereka mainkan di masyarakat. Wanita Saudi telah diberi kesempatan untuk naik pangkat di garis depan keamanan publik, termasuk Direktorat Jenderal Narkotika, Direktorat Jenderal Penjara, Bukti Pidana dan Bea Cukai.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here