Ustadz Yusuf Mansur Cerita Soal Keteladanan Akhlak Adik Gus Baha

78

Jakarta, Muslim Obsession – Penceramah Ustadz Yusuf Mansur punya cerita menarik tentang sosok Zaimul Umam. Sama halnya dengan kakanya KH Bahauddin Nursalim atau Gus Baha, Gus Umam juga punya akhlak yang baik seperti Gus Baha.

Cerita keteladanan akhlak dari Gus Umum, diceritakan Ustadz Yusuf Mansur melalui akun instagram miliknya dengan menyebut peristiwa “kopi tumpah”.

Dalam akunnya itu Yusuf Mansur
mengunggah foto ketika pada suatu sore, dirinya bersama dengan Gus Umam ngopi bareng sambil duduk santai di atas sofa warna abu-abu.

Baca juga: Gus Baha: Dulu Perang Ikut Nabi Musuhnya Jelas, Sekarang Serba Tak Jelas

Tampak pula seorang pria lain berkepala plontos mengamati peristiwa ketika kopi dalam cangkir yang dipegang Yusuf Mansur tumpah di celananya, dan Gus Umam spontan mengambil tisu untuk membersihkannya.

”Kemaren sore, ngupi2 (minum kopi) bareng Gus Umam, adiknya Gus Baha. Lah kopi saya tumpah. Pegangan cangkirnya, ga paham kurang pas pegangannya di saya,” kata Yusuf Mansur melengkapi foto.

”Subhaanalllaah, masya Allah, Gus Umam, emang biasa mengkhidmati Mbah Maimun (almarhum KH Maimun Zubair/Mbah Moen), beliau lansug sigap ambil tisu dan bersihin celana dan kaki saya. Yaa Rabb. Orang besar. tapi tetep tawadhu’. Lah tuh kopi, saya pegang cangkirnya, tumpah lagi. Jadilah 2x diusapin dibersihin Gus Umam,” ucap Yusuf Mansur.

Pendakwah yang juga akrab disapa UYM itu pun menyebut bahwa apa yang dilakukan Gus Umam terhadap dirinya merupakan akhlak yang jarang terjadi dan menjadi pelajaran berharga. ”Ini akhlak yang dah jarang terjadi. pelajarannya banyak. Apa aja?,” katanya.

Baca juga: Gus Baha: Jangan Terlalu Banyak Berdoa

Menurutnya, dari kejadian itu dirinya bisa memetik pelajaran. Pertama, ketika ingin menolong seseorang, jangan berpikir pamrih atau berharap lainnya, namun harus tulus.

Kedua, ketika menolong seseorang, harus cepat dilakukan dan tidak perlu banyak berpikir. Artinya, menolong harus sigap. Suka menolong mesti jadi kebiasaan.

Ketiga, ketika ada peristiwa seperti yang dia alami kopi tumpah, jangan menyalahkan cangkirnya.

”Walau kopi tumpah separuh, jangan bayar separuh, hehehe. Kan kesalahan sendiri, hehehehe. Dan jangan nyalahin cangkir kayak tulisan saya di atas, hahaha,” ujarnya.

Baca juga: Barokahnya Istri Judes Menurut Gus Baha

Menurut UYM, pelajaran lainnya dari peristiwa itu, orang yang lebih besar derajat atau posisinya, jangan sekali-kali malu untuk menolong orang yang lebih kecil.

Terakhir yang tidak kalah penting di tengah booming media sosial, peristiwa apapun jangan lupa untuk diabadikan lewat gambar dan diunggah ke media sosial.

”Jangan lupa difoto, biar bisa diupload hahaha. Ini fotonya dari siapa gitu yang ada di sekitar lokasi ngopi. Lah koq ya bisa pas gini fotonya,” tutur dia. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here