Ustadz Adi Hidayat: Pahamilah Kaidah Ujian, Kau Akan Bahagia!

58
Ustadz Adi Hidayat.

Muslim Obsession – Allah subhanahu wata’ala hanya akan memberikan ujian sesuai kadar kemampuan hamba-Nya. Bahkan janji Allah, setiap ada ujian yang sulit pasti ada solusi yang mudah.

“Dalilnya banyak di Al-Quran,” kata Ustadz Adi Hidayat (UAH) dalam sebuah tayangan di akun Instagramnya.

Beberapa dalil yang dimaksud UAH adalah QS. Al-Insyirah: 5-6: “Karena sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.”

UAH menjelaskan, ketika seseorang diberikan ujian, pasti ada kemudahan di balik itu yang ingin Allah anugerahkan kepadanya. Tugas seorang hamba hanyalah menemukan kemudahan itu.

Ketika Allah kirimkan ujian untuk seorang kita, imbuhnya, sesungguhnya bukan ingin menjadikan kita sulit. Karena sejatinya Allah tidak akan membiarkan hamba-Nya berada dalam kesulitan. Makanya tidak akan diuji kecuali ia mampu.

“Maka berbahagialah karena Anda yang terpilih, bukan orang lain! Kalau orang paham kaidah ini, orang tidak akan mengeluh karena ujian,” urainya.

Sebagai penegasan kaidah tersebut, UAH menukil Ath-Thabari yang mengemukakan bahwa seandainya kesulitan masuk ke dalam suatu lubang, maka kemudahan pun akan mengikutinya  karena Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”

Juga firman Allah dalam QS. An-Nahl ayat 96: “Dan, sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan”. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here