Ustadz Adi Hidayat Jelaskan Hukuman Bagi Orang yang Suka Ghibah

299
Ustadz Adi Hidayat.

Jakarta, Muslim Obsession – “Lidah tak bertulang” itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan orang yang suka ghibah. Manusia punya kecenderungan untuk bercerita banyak kepada orang lain dan topik yang paling mudah adalah bercerita tentang orang lain.

Terlebih lagi ketika sedang dalam keadaan marah pada seseorang, terkadang mengungkapkan keburukan orang tersebut adalah hal yang lumrah dan ringan.

Hal tersebut tentunya bisa berkembang dengan memberitakan kabar yang tidak benar, membuat perkataan yang tidak jujur dan melakukan kebohongan. Inilah perilaku yang sering kita lakukan tanpa sadar, padahal itu termasuk maksiat.

Dalam ceramahnya, Ustadz Adi Hidayat (UAH) mengatakan, bahwa ghibah atau ngomongin kejelekan orang dosanya sangat besar dan bisa mendatangkan ancaman siksa kubur di akhirat. Hal itu ada dalam Surat Al-Hujarat ayat 12:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

Yaa ayyuhal ladziina aamanuj tanibuu katsiirom minadh dhonni inna ba’dlodh dhonni itsm. Walaa tajassasuu walaa yaghtab badlukum ba’dloo. Ayuhibbu ahadukum ay ya’kula lahma akhiihi maitan fakarihtumuuhu wattaqullooha innallooha tawwaabur rohiim

Artinya:

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

“Kata Allah saya berikan kamu lisan untuk berkata yang baik. Lalu kamu mencela orang lain. Lalu anda berghibah, lalu anda berdusta. Wajar kalau Allah murka dengan semua itu,” ujar UAH dalam ceramahnya yang dikutip Muslim Obsession di akun Instagram, @kajianislam_ust_adihidayat, Jumat (3/7/2020).

Hukumannya bagi orang yang suka
ghibah kata UAH, adalah Allah akan bangkitkan pada haria kiamat tubuhnya seperti bangkai. Allah pun akan menyajikan bangkai kepada orang suka ghibah sebagai makanannya. “Hari kiamat tiba, makan tu bangkai kalau kamu nggak taubat. Janji Allah itu nyata,” jelasnya.

Mengapa hukuman Allah sangat berat, karena orang yang menggunjing sama dengan memakan daging saudaranya yang sudah mati (bangkai). Makanya wajar Allah akan menjadikan tubuhnya seperti bangkai di hari akhir. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here