Ustadz Abdul Somad Menolak Dikontrak Televisi, Apa Alasannya?

99

Jakarta, Muslim Obsession – Ulama kondang Ustadz Abdul Somad atau UAS kadang kala terlihat memberikan tausiah atau ceramah di televisi. Jika ada pihak televisi mengundang dirinya untuk mengisi kajian Islam atau ceramah tak masalah, sekali dua kali. Tapi kalau dikontrak UAS tegas menyatakan dirinya menolak.

Dalam video ceramahnya di media sosial, UAS menyatakan menolak untuk dikontrak televisi manapun untuk berceramah. Ia tidak mau seperti  ustadz yang lain. Dengan nada becanda, UAS berujar dirinya bukan lelaki kontrakan.

“Insya Allah, saya tak masuk tivi. Ustadz Abdul Somad akan kami kontrak sekian episode. Aku tak mau kontrak, nanti saya jadi lelaki kontrakan,” kata UAH.

Baca juga: Dapat Rp400 Juta dari Youtube, UAS Berikan Semua untuk Fakir Miskin

Lanjut, “Kalau kebetulan saya ke Jakarta, kalian mau ajak saya (ceramah) subuh karena subuh kosong, kalian jemput saya ke hotel, oke,” ucap UAS.

Ustadz Somad mengaku enggan dikontrak stasiun televisi karena dirinya tak suka diatur-atur dalam ceramah. Terlebih lagi harus di-makeup pihak tertentu. UAS mengaku tak terbiasa dengan hal itu.

“Tapi, kalau saya dikontrak, pakai pakaian begini, harus di-makeup, nanti tangannya harus begini, begini, aku tak bisa dibuat-buat gayanya. Kalau kalian mau ikut gayaku, ikut aku. Tak mau? Ya, udah. cari yang lain,” tegasnya.

Baca juga: Untuk Para Pedagang, UAS Bagikan Amalan Sebelum Mulai Berjualan

Selain itu, beberapa waktu lalu UAS sendiri menyatakan jika ia tak pernah mematok tarif ketika berceramah. Hal itu menanggapi pertanyaan publik soal berapa sih tarif UAS sekali diundang atau apa saja syarat dipenuhi untuk mengundangnya?

UAS sendiri pernah menjawab pertanyaan itu beberapa waktu lalu. “Apakah pihak Ustadz Somad menentukan nominal tarif untuk undangan ceramah?”

Demikian pertanyaan yang ditulis seseorang pada selembar kertas yang dibacakan UAS di hadapan para jamaah saat menghadiri undangan organisasi kemasyarakatan Islam. Lalu apa jawaban UAS?

“Sampai sekarang, belum lagi. Sebelum saya tentukan (tarif) ini, undanglah. Tapi kalau saya sudah tentukan (tarif), payahlah yang ngundang,” kata dia disambut tawa jamaah.

Baca juga: Tanggapan UAS Soal Program Penceramah Bersertifikat

Hingga saat ini, dia mengaku tak pernah memasang tarif saat diundang. Dirinya malah senang ketika banyak yang mengundang. Selanjutnya, ada juga pertanyaan yang sepertinya bukaan dari jamaah di hadapannya, saat itu. Pertanyaannya adalah soal fasilitas ketika diundang.

“Ustadz Somad, katanya kalau penceramah ini diundang minta tiket pesawatnya 3, harus kelas eksekutif, harus Garuda, Lion tak mau karena delay,” demikian pertanyaan itu yang keluar langsung dari mulut ustadz alumnus Universitas Al-Azhar, Mesir dan Institut Dar Al-Hadits Al-Hassania, Maroko tersebut.

Lalu dijawab dia, “Saya ndak. Mau aja orang mengundang kita menyampaikan ayat-ayat Allah ini, alhamdulillah. Mestinya kita yang datang. Lalu dia bawa kita. Mestinya saya datang ke rumah ini, tapi kemudian diundang keluarga besar Hidayatullah, alhamdulillah.” (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here