Usamah Hisyam Lantik PD Parmusi di Sulut

163

Manado, Obsessionnews.com – Ketua Umum Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) H. Usamah Hisyam melantik jajaran Pengurus Daerah (PD) Parmusi di wilayah Sultra. Pelantikan jajaran PW Parmusi Sulut berlangsung di Kantor Gubernur Sulut, Kota Manado, Rabu (6/11/2019).

Usamah menekankan, perlunya gerakan dakwah yang masif di wilayah Sulut untuk menanamkan rasa keimanan dan katakwaan yang kuat kepada Allah. Sebab, disadari menyebarkan dakwah Islam di daerah minoritas tantanganya jauh lebih besar dibandingkan di wilayah dimana Islam sudah menjadi agama mayoritas.

“Jadi poin utama dakwah kita adalah menanamkan rasa keimanan dan ketakwaan yang kuat kepada Allah Swt. Sehingga apa pun cobaan dan tantanganya keimanan terhadap Islam tidak goyah. Ini lah tugas utama Dai Parmusi,” ujarnya.

Tidak hanya itu, selain keimanan Dai Parmusi yang mengemban tugas dakwah ini juga harus punya wawasan yang luas, bukan hanya ilmu keagamaan tapi juga wawasan kebangsaan. Usamah melihat banyak Umat Islam di daerah pelosok dan pulau-pulau terluar belum bisa membaca dan menulis.

“Saya sering menyebut mengislamkan orang Islam itu maksudnya adalah mengajari umat yang belum bisa membaca dan menulis. Banyak umat Islam di pelosok daerah meski KTP-nya Islam tapi tidak bisa baca Al-Qurah tidak tahu bacaan shalat, ilmu keagaamanya terutama fiqih sangat minim,” jelasnya.

Menurutnya, gerakan Dakwah Parmusi semakin sempurna dengan adanya Desa Madani. Sebab, Desa Madani mengandung empat pilar utama di dalamnya, yakni imam dan takwa, pemberdayaan ekonomi, kepedulian sosial dan pendidikan. “Di Sulut ini ke depan di setiap kabupaten harus punya percontohan Desa Madani,” tandasnya.

Sementara itu Ketua PW Parmusi Sulut Syahrul Poli mengatakan, 15 kabupaten/kota di Sulut sudah ada delapan Pengurus Daerah Parmusi yang terbentuk, yakni Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Bolmut, Minahasa, Sangihe, Talaud dan Kabupaten Sitaro. “Dari delapan itu Desa Madani sudah terbentuk di dua kabupaten, di Sitaro dan Minahasa Utara,” jelasnya.

Selain mengembangkan Desa Madani, Syahrul mengatakan, target PW Parmusi Sulut adalah membentuk semua pengurus daerah di 15 kabupaten/kota se Sulut. Pihaknya juga berencana mengadakan Dauroh Dai Parmusi se Sulut. “Dauroh Dai ini diperlukan untuk menguatkan Dai Parmusi dalam mengembangkan Desa Madani,” tandasnya.

Pada Safari Dakwah Parmusi di Sulut Usamah Hisyam didampingi Ketua Majelis Penasehat PP Muslimah Parmusi Daisy Astrilita, Ketua Umum Muslimah PP Parmusi Nurhayati Payapo, Ketua Lembaga Dakwah Parmusi (LDP) KH. Syuhada Bahri, dan Bendahara PP Parmusi Dewi Achyani. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here