Urutan yang Tepat Ketika Berbuka Puasa

107
Ilustrasi Berbuka puasa (Foto: Skata.info)

Muslim Obsession – Janganlah nikmatnya sajian melalaikan, dan janganlah rasa gembira membuat lupa; bahwa di saat berbuka Allah menanti doa-doa kita yang takkan tertolak dan takkan tersia.

Demikian dikatakan Salim A Fillah, seorang penulis sekaligus pendakwah dalam tulisannya di akun Instagram pribadinya, dikutip Selasa (14/5/2019).

Hal ini mengingatkan kita tentang sabda Nabi yang bersumber dari Abu Hurairah. Rasulullah Saw. bersabda: “Seseorang yang berpuasa akan berbahagia karena dua hal: ketika dia berbuka puasa dan bahagia ketika bertemu dengan Tuhannya” (HR. Ahmad. Muslim, Nasa’i).

Pernyataan Nabi kian mempertegas bahwa puasa memiliki dua kebahagiaan sekaligus. Saat berbuka puasa memang menjadi momen yang sangat dirindukan. Namun sebagai Muslim yang baik, perlu kita tahu bahwa ada urutan yang tepat ketika berbuka puasa. Apakah itu?

Sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Daud 2357. Ad-Daruquthuni dalam sunannya 2279 dan selainnya. Hadits ini dinilai Hasan oleh Al-Albani. Setidaknya ada tiga urutan berbuka puasa yang tepat.

Pertama ialah membaca Basmalah atau Bismillahirrahmanirrahim

Kedua, minum kemudian boleh dilanjutkan dengan memakan kurma kering atau kurma basah

Ketiga, membaca doa berbuka puasa yakni, Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insya Allah. Artinya: Telah hilang rasa haus, telah basah kerongkongan, dan telah diraih pahala insya Allah.

 

Wallahu A’lam bish Shawab…

(Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here