Unik! Masjid di Arab Saudi Ini Tembus Pandang

384

Arab Saudi, Muslim Obsession – Salah satu masjid unik ialah masjid yang tembus pandang alias masjid transparan.

Masjid transparan adalah bagian dari proyek seni yang disebut “Paradise Has Many Gates”. Masjid ini terletak di Arab Saudi dan itu sangat indah!

“Paradise Has Many Gates” adalah proyek yang dikerjakan oleh Ajlan Gharem yang berasal dari Arab Saudi, proyek seninya memiliki ide yang indah dibalik keseniannya yang khas.

Masjid ini terbuat dari baja canai, kaca plexiglass, alumunium dan lampu listrik. Seniman tersebut menggunakan bahan yang sama yang digunakan untuk menghentikan pengungsi masuk ke Eropa serta di penjara Militer Amerika Serikat Teluk Guantanamo.

Ide inilah yang sebenarnya mengguncang orang, dan mendapat banyak pujian atas kontribusinya di bidang seni.

Masjid ini telah dibawa ke Vancoucer’s Vanier Park agar orang-orang dapat melihat seni yang indah yang akan disimpan selama dua tahun. Dan setelah menyelesaikan waktunya, ia akan kembali ke Arab Saudi atau mungkin pergi ke tempat lain agar lebih banyak orang dapat melihat.

Ajlan Gharem mendapat banyak pujian atas kontribusinya yang luar biasa di bidang seni dengan jenis seni yang tidak diduga. Ide ini memang di luar biasa.

Bahkan orang-orang yang datang untuk menonton kesenian ini heran melihat bagaimana Ajlan Gharem memberikan pesan yang kuat dengan cara yang sangat sederhana.

Kesenian ini dapat dilihat dari berbagai sudut pandang yang bergantung pada pemikiran orangnya.

Sebagaimana diketahui, ibadah selalu dikaitkan dengan kedamaian, masjid yang dibuat oleh elemen yang sama yang digunakan untuk menghentikan atau menindas umat Islam adalah cara yang indah untuk menunjukkan betapa damai umat Islam.

Foto: ajlangharem.com

1 KOMENTAR

  1. Masjid yg indah berseni. Tampaknya tdk dilengkapi toilet. Ya toilet tdk mungkin dibuat transparan
    Sebaiknya dilengkap toilet sedikit terpisah diluar bangunan transparan, karena toilet kebutuhan dan kelengkapan suatu masjid.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here