Unik, Begini Cara Pesantren Lorong Peringati Kemerdekaan RI dan Tahun Baru Islam

139
Tiga santri Pesantren Lorong Raudhah Indonesia sedang mengikuti kegiatan Tahun Baru Islam 1442 H.

Makassar, Muslim Obsession – Pesantren Lorong Raudhah Indonesia Makassar menjadikan pergantian tahun 1442 Hijriyah sebagai momentum untuk mengajak masyarakat lebih mencintai kitab suci Al-Quran.

Mengusung tema “Khairukum manta’allamal Qur’ana wa ‘allamahu”, pesantren yang berada di Kompleks Mangga Tiga Paccerakkang Daya, Makassar, ini menggelar kegiatan secara maraton.

“Dimulai sejak ba’da Maghrib pada Rabu (19/8/2020) dengan agenda Lorong Mengaji, kemudian dilanjutkan Kamis (20/8/2020) pukul 06.30 dengan agenda Jalan Sehat Santri dan Keluarga. Kemudian ditutup dengan kegiatan Tabligh Lorong, pembacaan Al-Quran dan do’a,” ujar Ustadz Rahim Mayau, Pimpinan Pesantren Lorong Raudhah Indonesia, Kamis (20/8).

Ustadz Rahim Mayau yang juga Dai Parmusi ini menguraikan, kegiatan Lorong Mengaji dilaksanakan dengan melibatkan seluruh santri mulai santri anak-anak, remaja dan ibu-ibu. Mereka serentak membaca Al-Quran di rumah warga, di Sanggar Cinta Al-Quran, dan juga di emperan Lorong mulai Maghrib sampai ba’da Isya.

Sementara itu, kegiatan Jalan Sehat dilaksanakan Kamis (20/8) pagi dimulai dan berakhir dari Tanah Surga yang merupakan tanah waqaf Pesantren Lorong Raudhah Indonesia.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyadari betapa pentingnya kesehatan, kebersamaan, dan harapan masa depan yang lebih baik,” jelas Sekretaris PW Parmusi Sulawesi Selatan ini.

Acara ditutup pembacaan ayat suci Al-Quran dan Tabligh Lorong. Pada kesempatan tabligh, Ustadz Rahim Mayau menyampaikan bahwa ada dua momentum pada Tahun Baru Islam kali ini, yakni Kemerdekaan RI dan Hijrah.

“Wajib menjadi pesan ingat buat anak cucu kita, bahwa bangsa Indonesia merdeka karena rahmat Allah subhanahu wa ta’ala. Untuk itu harus senantiasa kemerdekaan ini disyukuri dengan kegiatan yang diridhai Allah. Dalam konteks hijrah hendaklah kita di Pesantren Lorong Raudhah Indonesia ini istiqamah menjadi insan yang terbaik dengan jalan belajar dan mengajarkan Al-Quran,” tandasnya. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here