UNICEF: Hampir Setengah Anak-anak di Dunia Hidup Sangat Miskin

99
Anak-anak hidup miskin (Foto: Daily Sabah)

Jakarta, Muslim Obsession – Laporan terbaru UNICEF dan Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) menyebutkan bahwa satu dari lima anak-anak di seluruh dunia hidup dalam kemiskinan ekstrem.

UNICEF mencatat mereka hidup dengan pendapatan kurang dari $ 1,90 sehari, atau hampir setengah dari anak-anak di dunia hidup dalam kemiskinan di bawah $ 3,10 sehari.

Hampir di mana-mana, kemiskinan mempengaruhi anak-anak secara tidak proporsional. 

“Karena mereka dua kali lipat lebih berpotensi untuk hidup dalam kemiskinan ekstrem,” kata Direktur dan Kepala Kebijakan Sosial UNICEF Alexandra Yuster, seperti diberitakan Daily Sabah, Jumat (8/2/2019).

Badan PBB tersebut menggarisbawahi, sebagian besar anak-anak tidak memiliki cakupan perlindungan sosial yang efektif.

Hanya 35 persen anak-anak yang dilindungi oleh perlindungan sosial di seluruh dunia, yaitu 87 persen di Eropa dan Asia Tengah, 66 persen di Amerika, 28 persen di Asia dan 16 persen di Afrika.

“Kemiskinan paling keras menghantam anak-anak. Nutrisi yang buruk dan hilangnya pendidikan bertahun-tahun yang seringkali berakibat tragis baik bagi individu maupun komunitas dan masyarakatnya,” terang Yuster.

Namun, kemiskinan pada anak-anak menurut dia dapat dikurangi dalam semalam, dengan cara perlindungan sosial yang memadai. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here