Unggah Video Pelanggaran Israel, TikTok Hapus Akun Berita Palestina

95

Palestina, Muslim Obsession – Platform media sosial asal China, TikTok, menghapus akun jaringan berita Palestina yang kerap memuat video tentang pelanggaran-pelanggaran Israel terhadap Palestina dan ajakan kepada Israel – negara Arab untuk tidak menormalisasi hubungan diplomatik.

Berbicara kepada Anadolu Agency (AA), Hamza co-Brancheki, yang mengelola akun TikTok dari organisasi berita Palestina “Jerusalem News Network”, mengatakan bahwa platform media sosial TikTok menghapus akun organisasinya tanpa memberikan peringatan apa pun.

Branch menyatakan akun yang dihapus itu kerap membagikan informasi tentang masalah Palestina, pelanggaran Israel terhadap Palestina, dan normalisasi negara-negara Israel-Arab.

Akun tersebut memiliki 50 ribu pengikut dan telah mempublikasikan 1200 video. Sebelum dihapus, Hamza mengatakan video tersebut memiliki 7 juta penonton dan 350 ribu suka.

Hamza meminta manajemen TikTok untuk mengembalikan akun organisasi tersebut. “Jika TikTok tidak menghentikan langkahnya, dia akan masuk dalam daftar aplikasi media sosial yang menyatakan perang terhadap Palestina dan mendukung Israel.” katanya, dikutip dari Anadolu.

“Palestina melihat TikTok sebagai aplikasi media sosial asal China yang berbasis di AS yang sedang menghindari pembatasan otoritas AS”

Iyad er-Rifai, direktur pusat bernama “Sada Social”, yang didirikan untuk membela hak-hak pengguna media sosial Palestina, mengatakan warga Palestina melihat aplikasi media sosial TikTok sebagai tempat pelarian dari pembatasan berbagai konten Palestina yang diberlakukan oleh aplikasi media sosial lain yang berbasis di AS.

Rıfai menambahkan, penghapusan akun tersebut merupakan tahapan baru bagi seluruh konten Palestina yang dibagikan dalam aplikasi tersebut.

Organisasi berita Palestina “Jerusalem News Network” bermarkas di Tepi Barat dan Gaza, dipimpin oleh sekelompok jurnalis muda Palestina.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here