Umara dan Ulama Bersatu, Sukseskan Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin

562

Subang, Muslim Obsession – Ketua Umum Majelis Munajat Indonesia Berkah (MMIB) H. Usamah Hisyam menegaskan bahwa terpilihnya Joko Widodo-Ma’ruf Amin mencerminkan sebuah pemerintahan yang ideal, sebab di tangan keduanya umara dan ulama bersatu.

Usamah pun berharap umat Islam mendukung dan menyukseskan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Hal itu disampaikan Usamah dalam acara Silaturahim KH. Ma’ruf Amin dengan MMIB di Pondok Pesantren Daarus Syifa di Desa Compreng, Kecamatan Compreng, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu (24/8/2019).

Ia mengungkapkan, KH. Ma’ruf Amin merupakan sosok ulama yang kapasitas keilmuannya tak diragukan lagi.

“Kiai Ma’ruf Amin adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia, tidak ada kiai yang lebih tinggi dari Kiai Ma’ruf Amin secara keulamaanya. Di PBNU Kiai Ma’ruf Amin juga menjabat sebagai Rais Am, tidak ada yang lebih tinggi dari Kiai Ma’ruf Amin sebagai Rais Am,” ujarnya.

Menurutnya perpaduan ulama dan umara juga mencerminkan pada pola kepemimpinan Nabi Muhammad Saw. Selain sebagai nabi, Muhammad juga merupakan pemimpin negara atau pemerintahan di Kota Madinah.

Bagi Usamah, sebuah negara yang dipimpin oleh umara dan ulama, ibarat sisi mata uang yang saling melengkapi.

“Idealnya, umara yang baik adalah umara yang kebijakan-kebijakannya senantiasa sesuai dengan ideal-moral kalangan ulama; umara yang baik adalah mereka yang takzim kepada para ulama,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Syariah MMIB KH. Abah Raodl Bahar mengatakan sosok Jokowi menandakan sosok yang nasionalis, sementara Kiai Ma’ruf Amin sosok yang agamis. Kedua tokoh ini dianggap sangat pas untuk memimpin negeri ini.

Hal ini sesuai dengan hadits Nabi Saw. yang menyebutkan bahwa negara yang baik itu adalah negara yang dipimpin oleh umara-ulama.

“Negara yang baik itu bisa terjadi jika umara-dan ulama bersatu. Alhamdulillah kita sudah punya pemimpin yang mewakil keduanya,” jelasnya.

Begitu sebaliknya, negara yang buruk, kata dia, adalah sebuah pemerintahan yang di dalamnya umara dan ulama tidak bersatu.

Sebab itu dengan kemenangan Jokowi-KH. Ma’ruf, ia mengajak masyarakat untuk senantiasa berdoa agar kedua tokoh ini selalu diberi kekuatan untuk memimpin bangsa ini. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here