Ulin Nuha, Dalang Muda Berdakwah Lewat Wayang Kulit

1831
Ulin Nuha

Jakarta, Muslim Obsession – Ulin Nuha berhasil menjadi juara pertama pada Grand Final Akademi Sahur Indonesia (Aksi) Indosiar di Studio Indosiar, Jakarta, Selasa (4/6/2019).

Ulin merupakan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling (BK) di UNUGHA (Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali) Cilacap Semester II.

Dia merupakan dalang muda yang kerap mentas di berbagai kecamatan di Cilacap bahkan hingga keluar daerah.

Putra pasangan M Darto Wahab Noor dan Siti Wastiati itu berasal dari Kabupaten Cilacap, Desa Karangrena, Kecamatan Maos.

Di kala perubahan Zaman ke era modern dan lebih milenial, kesenian wayang kulit sudah tampak mulai pudar, namun hal ini tidak bagi pemuda satu ini.

Dia hadir sebagai Pemuda yang cinta akan kesenian dan melestarikannya melalui Media Wayang Kulit.

“Saya ingin menghidupkan kembali khasanah budaya wayang kulit sebagai salah satu budaya adiluhung yang perlu dilestarikan, serta menjadikan wayang kulit sebagai media dakwah,” kata Ulin.

Karena desanya dikenal dengan desa budaya, keterampilan mendalang diperolehnya dari para tetangga yang kebanyakan merupakan seniman wayang kulit.

Tampil di atas panggung sudah tidak asing lagi bagi Ulin. Pasalnya, sejak duduk di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dia sudah biasa mementaskan wayang kulit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here