Ulang Tahun ke-971 Omar Khayyam Diperingati Google, Siapa Dia?

654

Peristiwa politik abad ke-11 memainkan peran utama dalam perjalanan hidup Khayyam. Turki Seljuk adalah suku-suku yang menginvasi Asia barat daya pada abad ke-11 dan akhirnya mendirikan sebuah kerajaan yang mencakup Mesopotamia, Suriah, Palestina, dan sebagian besar Iran.

Seljuk menduduki tanah penggembalaan Khorasan dan kemudian, antara tahun 1038 dan 1040, mereka menaklukkan seluruh Iran timur laut. Penguasa Seljuk, Toghrïl Beg, memproklamirkan dirinya sebagai sultan di Nishapur pada 1038 dan memasuki Baghdad pada 1055.

Dalam kekaisaran militer yang sulit tidak stabil ini, yang juga memiliki masalah agama ketika berusaha mendirikan negara Muslim ortodoks, tempat Khayyam tumbuh. Omar muda adalah seorang siswa yang rajin dan cepat menjadi terampil dalam matematika, astronomi, dan filsafat.

Dia menghabiskan sebagian besar hidupnya di pusat-pusat intelektual Persia seperti Samarkand dan Bukhara dan menikmati bantuan para sultan Seljuk yang memerintah wilayah tersebut.

Khayyam menulis beberapa karya termasuk Masalah Aritmatika, sebuah buku tentang musik dan satu tentang aljabar sebelum ia berusia 25 tahun. Pada 1070 ia pindah ke Samarkand di Uzbekistan, yang merupakan salah satu kota tertua di Asia Tengah.

Di sana, Khayyam didukung oleh Abu Tahir, ahli hukum terkemuka Samarkand, sejak itu ia menulis karya aljabarnya yang paling terkenal, Risalah tentang Demonstrasi Masalah Aljabar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here