Ulama Suriah Bagikan Tips Shalat Khusyuk

474

Jombang, Muslim Obsession – Melaksanakan shalat wajib atau sunah dengan khusyuk merupakan tujuan semua kaum muslim dalam meraih penerimaan dari Allah Swt.

Agar shalat kita terus khusyuk dari awal hingga salam memang tidaklah mudah. Tapi semua itu bisa dipelajari dengan baik. Di antaranya dengan memahami arti bacaan shalat dan menghadirkan Allah Swt saat kita sedang shalat.

Beberapa ulama juga membagikan tips-tips agar umat muslim bisa melaksanakan shalat dengan khusyuk. Salah satu ulama asal Suriah, Mursyid Tarekat Syadziliyah dari Suriah, Syekh Abdul Hadi memberikan tips agar memperoleh shalat khusyuk.

Mursyid yang kini tinggal di Lebanon tersebut memberikan tiga langkah menuju shalat khusyuk. Tips tersebut, diambil olehnya dari Al-Qur’an Surat Al-A’la ayat 14 dan 15.

Menurutnya, langkah pertama untuk mencapai shalat khusyuk yaitu kemauan seseorang untuk membersihkan dirinya dari segala kotoran.

Lebih luas, Syekh Abdul Hadi menjelaskan bersih yang dimaksud ayat 14 tersebut yaitu bersih dari hadats dan bersih dari pikiran serta hati kotor, seperti iri, dengki, dendam, pemarah, ujub, dan pamer.

“Mau shalat khusyuk, maka harus bersih dulu. Seperti firman Allah dalam surah Al-A’la ayat 14, yang artinya ‘Sungguh beruntung orang yang menyucikan diri (dengan beriman),” kata Syekh Abdul Hadi, Rabu (24/7/2019).

Syekh Abdul Hadi menjelaskan langkah kedua yaitu dengan mengingat nama Tuhan baru kemudian melakukan shalat. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam ayat 15 Surat Al-A’la yang berbunyi:

وَذَكَرَ اسۡمَ رَبِّهٖ فَصَلّٰى‌

Dengan selalu mengingat nama Tuhan dalam gerak gerik shalat, maka membuat pikiran seorang muslim tidak terbang kemana-mana. Dan ini tentu sangat membantu keadaan hati dan pikiran untuk shalat khusyuk. Karena jika shalat memikirkan hal tidak penting maka bisa membuat seseorang lupa bilangan shalat.

“Perbanyak dzikir baru kemudian shalat, Insyaallah sukses,” pungkasnya. (Way)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here