UIN Maliki Malang Jalin Kerja Sama dengan Universitas Baghdad

543
UIN Maliki Malang jalin kerja sama dengan Universitas Baghdad (Foto: Kemenag)

Baghdad, Muslim Obsession – UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang menjalin kerja sama dengan Universitas Baghdad. Hal ini dibahas bersama saat Duta Besar RI untuk Irak, Bambang Antarikso, bersama delegasi Indonesia dari UIN Maliki Malang (Kepala Lembaga Kerjasama) Syaiful Mustofa, mengadakan pertemuan dengan Rektor Universitas Baghdad, di Baghdad, Selasa (26/6/2018).

Pertemuan tersebut mendiskusikan rencana kerja sama penguatan Sumber Daya Manusia (SDM), dalam bentuk  pemberian beasiswa dan pertukaran pelajar/mahasiswa, serta pertukaran dosen antar keduanya.

Menurut Antarikso, perkembangan politik dan kondisi di Irak yang semakin kondusif merupakan momen yang baik bagi Indonesia untuk melakukan kerjasama dengan kampus terbesar di Bahgdad. Selain untuk meningkatkan kualitas SDM, hal ini juga dapat meningkatkan hubungan kedua negara semakin dekat, dimulai dari kerja sama bidang pendidikan.

“Kami melihat dan merasakan kondisi Irak belakangan ini semakin kondusif, dan ini merupakan momentum bagus buat meningkatkan kerja sama kedua negara melalui pendidikan dalam rangka untuk memajukan kualitas SDM, seperti pemberian beasiswa, pertukaran mahasiswa atau dosen kedua negara,” katanya, sebagaimana dirilis Kemenag, Kamis (28/6/2018).

Antarikso menambahkan, Universitas Baghdad sengaja dipilih karena termasuk salah satu perguruan tinggi besar di Irak. Saat ini,  tercatat mahasiswanya mencapai tujuh puluh ribu.

“Kampus ini juga menjadi tempat alm. Gus Dur menimba ilmu pada tahun 70-an,” ujarnya.

Indonesia melalui KBRI Baghdad, lanjut Antarikso, akan memberikan beasiswa bagi pemuda Irak yang ingin belajar di Indonesia. Hal ini antara lain akan dilakukan melalui program Kemitraan Negara Berkembang (KNB), yaitu pengiriman mahasiswa terbaik Universitas Baghdad ke even Bali Democration bulan Desember mendatang di Bali yang akan diikuti 60 negara.

KBRI juga akan memfasiltasi kerjasama UIN Maliki Malang dan Universitas Baghdad dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Rektor Universitas Baghdad, Prof. Alaa A. Abdul Rasool menyambut baik kerja sama ini.  Dia mengaku siap bersinergi dalam pemberian beasiswa, pertukaran mahasiswa dan dosen untuk bidang ilmu sosial, pendidikan, sains dan teknologi, serta penelitian bersama yang ditulis di Jurnal terindeks Scopus. Termasuk juga sinergi dalam penyelenggaraan seminar atau konferensi.

Masing-masing pihak akan segera merumuskan poin-poin kesepakatan bersama. Nantinya, setelah ada MoU,  akan mulai dilakukan pengiriman dosen Universitas Baghdad ke Indonesia, khususnya ke UIN Malang, untuk memberikan pelatihan tentang kebahasaan dan keislamaan.

Rasool menyambut baik sinergi dengan kampus maju di Asia, termasuk Indonesia, karena kesamaan pandangan agama dan budaya. Selama ini,  Universitas Baghdad juga sudah menjalin sinergi dengan kampus yang ada di Eropa dan Barat. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here