UEA Resmi Membuka Hubungan Damai dengan Israel

70

Abu Dhabi, Muslim Obsession – Uni Emirat Arab (UEA) secara resmi membuka hubungan damai dengan Israel setelah keluar dekrit pada Sabtu (29/8/2020). Dekrit ini mencabut aturan lama, dan membuka aturan baru untuk membuka hubungan dengan Israel.

Dengan adanya dekrit tersebut, maka hubungan perdagangan antara UEA dengan Israel dapat terbuka luas, misal UEA dengan hasil minyak, industri konstruksi, dan Israel dengan berlian, produk farmasi dan rintisan teknologi.

Pengumuman tersebut adalah tindak lanjut memperkuat kesepakatan normalisasi pada 13 Agustus lalu. Dimana syarat dari hubungan damai itu, Israel harus menghentikan rencana kontroversialnya, untuk mencaplok tanah Tepi Barat yang didudukinya dan diinginkan oleh Palestina.

Namun, Palestina sejauh ini mengkritik kesepakatan itu dan menilainya justru sebagai jalan untuk melemahkan salah satu dari sedikit tawar-menawar yang sempat berjalan dengan Israel, yaitu negosiasi perdamaian yang hampir mati.

Kantor berita milik pemerintah, WAM, mengatakan, keputusan yang secara resmi mengakhiri boikot itu datang atas perintah Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, penguasa Abu Dhabi dan pemimpin Emirates.

WAM mengatakan keputusan baru itu memungkinkan Israel dan perusahaan Israel untuk berbisnis di UEA, sekutu federasi AS, dari 7 kerajaan syekh di Semenanjung Arab.

Ini juga memungkinkan untuk pembelian dan perdagangan barang Israel. “Keputusan hukum baru tersebut datang dalam upaya UEA untuk memperluas kerja sama diplomatik dan komersial dengan Israel,” kata WAM.

Ini menjabarkan “Peta jalan menuju peluncuran kerjasama bersama, yang mengarah pada hubungan bilateral dengan merangsang pertumbuhan ekonomi dan mempromosikan inovasi teknologi.”

Keputusan UEA membuka hubungan diplomatik turut dikecam oleh negara-negara Arab termasuk Arab Saudi, Bahrain, Maroko, Mesir, Turki dan negara-negara lain. Normalisasi diangap hanya akan menguntungkan Israel. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here