Ucapkan ‘Alllahu Akbar’, Muslim di Swiss Kena Denda

62
Ilustrasi Denda

Swiss, Muslim Obsession – Orhan E., seorang pria Muslim di Swiss terkena denda £ 178 karena mengatakan ‘Allahu Akbar’ di depan umum.

Orhan tidak menyangka ucapan itu membuat dirinya harus merogoh kocek untuk membayar denda.

Awalnya, kata Orhan, dia terkejut saat melihat temannya yang baru ia temui di jalanan Schaffhausen, Swiss utara. Sontak dia mengucapkan kalimat takbir untuk mengungkapkan rasa emosional kebahagiaan.

Namun, Orhan bingung setelah beberapa saat kemudian ia didekati oleh seorang perwira polisi yang sedang tidak bertugas.

Polisi itu mengatakan bahwa penggunaan kata (Allahu Akbar) itu bernada keras dan sangat jelas. Sehingga dikhawatirkan dapat menyebabkan orang takut akan serangan teror.

Di mana menurut polisi, orang lain yang mendengarnya bisa saja menganggap Orhan sebagai teroris.

“Saya tidak ingin ada masalah. Akhirnya, saya menghabiskan dua menit untuk mencoba menjelaskan mengapa saya mengatakan kalimat itu,” kata Orhan, seperti dilansir The Week, Jumat (11/1/2019).

Orhan juga mengaku dirinya sempat dianiaya oleh petugas sebelum dimintai denda 150 franc Swiss (£ 120) ditambah 60 franc (£ 58), karena dianggap mengganggu publik.

Setelah insiden Orhan ini mencuat, rupanya terjadi masalah serupa. Di mana seorang pria Muslim diduga ditinju oleh penjaga perbatasan Swiss setelah mengucapkan takbir.

“Saya lahir di sini dan tidak pernah mengalami hal seperti ini,” kata Orhan.

“Hanya karena teroris menyalahgunakan kedua kata itu (Allahu Akbar) hal ini tidak berarti saya memiliki niat buruk ketika saya mengatakannya,” protesnya. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here