UAS: ‘Bunuh’ Rasa Takut dengan ‘Takut’

2013
Ustadz Abdul Somad (Foto: Instagram)

Muslim Obsession – Rasa takut merupakan salah satu bentuk ujian dari Allah Swt. Manusia wajar takut akan gempa. Manusia wajar takut kelaparan, kehausan, atau takut kepada musuh yang terlihat maupun tidak terlihat.

Bahkan dalam Firman-Nya, Allah Swt. mengatakan, “Sungguh Kami akan menguji kalian dengan sebagian rasa takut, rasa lapar, serta kekurangan harta, jiwa, dan buah. Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah [2]: 155).

Namun, bagaimana mengolah rasa takut itu agar tidak menjerumuskan kita pada kekufuran? Ustadz Abdul Somad (UAS) mengajak kita untuk membunuh rasa takut itu dengan rasa takut juga.

“Takut tidak gaul, pakai sabu-sabu. Takut disangka miskin, kredit riba. Takut tidak nikah, pacaran. Takut karir macet, sogok. Takut tidak makan, korupsi,” tulis UAS melalui Instagram, Rabu (23/1/2019).

Meski demikian, UAS pun mengimani bahwa rasa takut itu manusiawi, ditambah lagi rasa takut seringkali akibat pekerjaan setan.

“Maka bunuhlah rasa ‘takut’ tersebut di atas dengan membangkitkan rasa ‘takut’,” imbaunya.

“Takut, tidak selamat saat sakaratul maut. Takut, tidak selamat su’ul khatimah. Takut, tidak selamat dari azab kubur. Takut, tidak dapat menjawab malaikat munkar nakir. Takut, tidak selamat di Padang Mahsyar. Takut, tidak selamat saat hari hisab. Takut, tidak selamat saat amal ditimbang. Takut, tidak selamat di titian Shiratal Mustaqim. Takut, tidak selamat dari Neraka Jahannam,” sambung UAS.

“Bila ‘takut’ yang kecil itu bisa dikalahkan oleh ‘takut’ yang besar, maka segala kekhawatiran akan diganti Allah dengan ketenangan hati, dan itulah iman,” pungkasnya. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here