UAH: Ajarkan Dua Hal Ini Agar Anak Pintar dan Cerdas

197
Ustadz Adi Hidayat
Ustadz Adi Hidayat

Muslim Obsession – Di samping akhlak yang baik, memiliki anak yang pintar dan cerdas adalah sebuah kebahagiaan bagi orangtua. Bahkan, banyak orangtua rela mendidik anak dengan mengeluarkan biaya mahal.

Agar anak bisa tumbuh sehat dan cerdas, ada dua tips dari Ustadz Adi Hidayat (UAH) seperti disampaikan beliau melalui akun Instagram miliknya, dikutip Sabtu (13/2/2021).

Baca Juga: 3 Tips Cegah Anak Agar Tidak Kecanduan Gadget

“Kalau anak ibu ingin dimudahkan pengetahuan. (Ingat) Allah yang punya ilmu, Allah yang punya Pengetahuan, Allah yang punya wawasan segalanya. Semua tidak luput dari Allah. Jadi kalau ingin diberikan oleh Allah pengetahuan itu maka dekati Allah,” papar Ustadz Adi.

Bagaimana caranya? “Shalat, shalat, shalat, shalat, tingkatkan shalatnya. Maka anak ibu, jika sudah menginjak usia 7 tahun, ajarkan mereka shalat. Kenapa Nabi meminta anak shalat, shalat, shalat, shalat, karena ada korelasi antara shalat dengan kepintaran. Kalau anak diajari shalat dengan benar dari kecilnya maka anak itu dewasa akan tumbuh menjadi anak yang baik dan pintar,” terang Ustadz Adi.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa ilmuwan Muslim terdahulu sejak kecil sudah belajar dan rajin shalat.

“Al Kindi, Al Ghazali, Al Farabi, Ibnu Sina, Al Khawarizmi, Al Bantani, itu semua ulama-ulama ini dari kecil sebelum belajar ilmu pengetahuan, mereka dididik oleh orangtuanya untuk shalat,” ujarnya.

Baca Juga: Tips Buya Yahya Agar Anak Pintar dan Tidak Nakal

Tips kedua adalah Al-Quran. Kalau anak Anda baru lahir, di usia setiap bulannya maka putarkan Al-Quran setiap Juz selama 1 bulan. Jadi ketika anak itu usia 30 bulan dia sudah mendengar 30 juz itu.

Ingatlah bahwa bayi fungsi pertamanya ialah pada pendengarannya bukan pada penglihatannya.

Baca Juga: 8 Tips Sederhana Agar Anak Senang Mengaji

“Ketika usia 30 bulan atau dua tahun setengah, anak tersebut sudah merekam memorinya 30 juz Al-Quran. Para ulama sepakat, para pakar sepakat, anak tersebut tinggal diajarkan menghafal Al-Quran selama 6 bulan, maka Insya Allah ia bisa menghafal Al-Quran dalam usia 3 tahun,” beber Ustadz Adi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan ialah memutar murattal Al-Quran selama 24 jam di ruangan strategis, seperti kamar tidur atau kamar tengah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here