Tyson Fury, Petinju yang Diisukan Mualaf dan Ganti Nama jadi Muhammad

1187
Tyson Fury (Foto: Instagram/ @gypsyking101)

Jakarta, Muslim Obsession – Tyson Fury baru saja menyabet sabuk gelar juara dunia kelas berat WBC usai mengalahkan Deontay Wilder, Sabtu (22/2/2020) pekan lalu.

Siapakah sosok Tyson Fury? Menengok isu yang pernah ramai diberitakan pada 2016 lalu, petinju asal Inggris itu rupanya pernah dikabarkan memeluk agama Islam alias menjadi mualaf.

Tak hanya itu, Tyson juga sempat mengejutkan para warga Twitter usai mengubah nama akunnya menjadi Riaz Tyson Muhammad yang kemudian berubah kembali setelah beberapa jam menjadi TYSON FURY.

Tidak lama kemudian, warga Twitter menjadi semakin bingung setelah Tyson mengunggah foto dirinya mengenakan pakaian Islami sambil berpose dengan tangan menangkup di depannya. Banyak fans yang bertanya-tanya apakah Tyson telah pindah agama dari Kristen ke Islam?

Petinju berusia 31 tahun tersebut juga dikenal sebagai sosok religius dan bertoleransi. Hal ini nampak saat Tyson mempersilahkan rekan satu timnya berdoa dengan melantunkan surat Al-Fatihah, di mana semua orang menjalaninya dengan khidmat.

Video yang diunggah oleh akun Twitter @AzTheBaz beberapa waktu lalu itu pun menjadi viral, dan Tyson mendapatkan pujian setinggi langit. Terutama bagi netizen pemeluk agama Islam yang menilai bahwa ia merupakan sosok petinju bertoleransi tinggi.

Namun untuk diketahui, Tyson sempat tersandung kasus lantaran usil mengubah profil petinju Rusia Wladimir Klitschko di Wikipedia. Gara-gara ulahnya itu, pengelola ensiklopedia berbasis online tersebut telah memblokir Tyson.

“Saya melakukan itu karena saya ingin membuktikan kalau itu (wikipedia) adalah situs publik, setiap orang bisa menulis apapun yang mereka mau di sana. Kalau Anda ingin mengubah dan menulis ulang profil saya, Anda bisa,” beber Tyson.

Dia juga mengaku jadi korban keisengan pihak lain. Profilnya di Wikipedia juga beberapa kali diubah. Padahal, dirinya mengaku tidak pernah mengutak-atiknya sama sekali.

Kembali kepada soal keislamannya, hingga saat ini Tyson tidak pernah mengklarifikasi isu tersebut. Lalu, mengapa ia sempat mengubah namanya dengan imbuhan ‘Muhammad’?

Mungkinkah ini adalah ulah iseng seseorang? Seperti halnya sikap usil Tyson yang doyan mengubah profil mantan rivalnya di ring tinju itu?

Wallahu A’lam bish Shawab..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here