Tutup Usia, Inilah Sosok Mantan Panglima Laskar Jihad Ja’far Umar Thalib 

583
Ja’far Umar Thalib

Jakarta, Muslim Obsession – Ja’far Umar Thalib tutup usia setelah mendapat serangan jantung pada Ahad (25/8/2019). Mantan Panglima Laskar Jihad itu meninggal dunia saat dirawat di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta.

Pada masa sakitnya, Ja’far mendapatkan perawatan medis dari para dokter lembaga kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C).

Innalillahi wa inna ilaihi rooji’un Mantan Panglima Laskar Jihad, Ja’far Umar Thalib (58 tahun), Ahad (25/8) siang wafat di RS Harapan Kita, Jakarta, setelah dirawat sejak Rabu (21/8) lalu karena serangan jantung,” kata kuasa hukum Jafar, Achmad Michdan, kepada wartawan.

Kiprah Ja’far Umar Thalib dikenal dalam blantika perpolitikan Indonesia ketika ia mendirikan dan sekaligus menjadi Panglima Laskar Jihad yang merespon konflik di Maluku 1999, dengan mengirimkan laskarnya ke sana. Dalam perkembangannya, begitu banyaknya campur tangan politik yang membawa Laskar Jihad membubarkan diri pada paruh Oktober 2002.

Dia lahir di Malang, Jawa Timur pada 29 Desember 1961 silam. Semasa kecil, dia menempuh pendidikan di Perguruan Al Irsyad, hingga kemudian pada 1983 menjadi pelajar di LIPIA, Jakarta yang merupakan cabang dari Universitas Imam Ibnu Su’ud di Riyadh, Arab Saudi.

Dikutip dari berbagai sumber, Ja’far pernah menerbitkan tulisan berjudul “Saya Merindukan Ukhuwah Islamiyah.” Dalam tulisannya itu, dia menceritakan pengalaman belajar keislaman di berbagai negara.

Dia mengaku pernah berada di Pakistan, kemudian bergabung dengan mujahidin di Afghanistan yang kala itu berperang dengan Uni Soviet.

Ja’far kembali memimpin Pesantren Ihya as-Sunnah di Yogyakarta. Belakangan, Ja’far mengembangkan pesantrennya ke Papua, di pinggiran Jayapura.

Mantan wapres Hamzah Haz konon adalah salah seorang pengagum Ja’far Umar Thalib. Ia pernah menjenguk Ja’far ketika ia mendekam di sel pada awal tahun 2002.

Semoga Allah mengampuni dan menerima segala amalnya..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here