Turki Temukan Alat Medis Kuno Berusia 2.600 Tahun

105
Beberapa alat medis ditemukan selama penggalian pusat kesehatan kuno di Gölyazı. (Foto IHA)

Gölyazı, Muslim Obsession – Sebuah tim arkeolog menemukan pusat kesehatan kuno dan peralatan medis dalam penggalian di desa Gölyazı Turki di provinsi barat laut Bursa.

Demikian dilaporkan Kantor Berita Demirören (DHA) Kamis (3/1/2019). Temuan baru itu menunjukkan bahwa kota kuno bernama “Apollonia ad Ryndacum,” sejak 2.600 tahun yang lalu, memiliki pusat kesehatan dan kebugaran yang baik.

Desa Gölyazı memang terletak di atas reruntuhan kota kuno, di sebuah pulau kecil di Danau Uluabat, Marmara selatan.

Dikembangkan di era Romawi, kota ini menjadi lebih penting dalam arti keagamaan selama periode Bizantium.

Mustafa Bozbey, Wali Kota kotamadya distrik Nilüfer Bursa, mengatakan temuan baru ini akan menjelaskan wilayah tersebut dan sejarahnya yang kaya.

Bozbey menuturkan bahwa wilayah itu merupakan pusat pengobatan penting. Dimana  tercermin dalam fakta bahwa Apollonia ad Ryndacum adalah kota pahlawan Yunani kuno dan dewa kesehatan Asclepius.

Dia membeberkan bahwa tim penggalian sebelumnya telah menggali kuburan pada tahun 2016 milik seorang dokter dan keluarganya.

“Kuburan dan alat-alat dokter yang sebelumnya ditemukan, mengungkapkan bahwa Gölyazı adalah pusat pengobatan pada saat itu. Hal ini menunjukkan bahwa Gölyazı, selain menjadi pusat wisata penting yang memberikan kedamaian kepada orang-orang dengan udara dan air segar, juga merupakan tempat penting mengenai kesehatan,” jelas Bozbey. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here