Tujuh Hal Unik dan Indah di Ibu Kota Bulgaria

140
Sofia, Ibu kota Bulgaria (Foto: My Salaam)

Muslim Obsession – Di jantung Sofia, ibu kota Bulgaria, ada lingkaran toleransi yang kuat dan bersejarah. Penduduk setempat dengan bangga memiliki alun-alun berupa bayangan bangunan Stalinis dengan pemandangan masjid, sinagoga, gereja Ortodoks, dan gereja Katolik.

Panorama ini hanyalah riwayat Sofia dalam sekejap. Kota ini dibangun di atas sisa-sisa kota Serdica, atau kota Thrakia kuno, yang berasal dari 6.000 tahun lalu. Namun, Sofia modern memiliki garis waktu sejarah yang rumit, mencakup Thracia, Romawi, Ottoman, dan rezim Komunis.

Sekitar 15 persen populasi di Sofia adalah Muslim. Jadi Anda tidak akan sulit menemukan makanan halal di sana. Tetapi perlu diingat bahwa Bulgaria melarang burqa baru-baru ini. Namun, ada tujuh hal unik dan indah di Sofia, yang wajib Anda ketahui dan buktikan!

Masjid Banya Bashi

Masjid ini adalah contoh bagus arsitektur Ottoman dan satu-satunya masjid yang berfungsi di kota saat ini. Dua masjid lainnya telah diubah menjadi museum dan gereja. Jika Anda pernah ke Masjid Suleymaniye di Istanbul, Anda akan melihat kemiripan dalam gaya arsitektur Masjid Banya Bashi ini.

Cyrillic

Jika Anda harus menggaruk-garuk kepala saat mencoba membaca tanda jalan di Sofia. Luangkan waktu sejenak untuk mengagumi naskah Cyrillic, yang ditemukan di Bulgaria. Tempat terbaik untuk menemukannya adalah di Gereja Sveti Sedmochislenitsi.

Bangunan ini awalnya sebuah masjid Ottoman abad ke-16 yang dibangun untuk menyaingi keindahan gereja-gereja pada saat itu. Konon, dulu disebut Masjid Hitam karena granit gelap di menaranya.

Namun, karena tergerus waktu, setelah kekaisaran Ottoman, masjid itu diubah menjadi gudang militer dan penjara. Sebelum akhirnya diubah menjadi gereja yang menyebarkan alfabet Cyrillic.

Serdica

Anda bisa naik metro ke Ancient Serdica. Lalu, di stasiun metro Serdika II, Anda akan melewati situs arkeologi berlapis-lapis dari reruntuhan Romawi yang dibangun pada abad ke-1. Situs yang sangat terawat baik ini ditemukan pada tahun 2010.

Buah Galore Kering

Kunjungi pasar lokal untuk menemukan tumpukan buah segar musiman. Namun tersedia untuk beberapa leva (mata uang Bulgaria). Di sana, ada toko buah kering di mana-mana, yang menjual cranberry lezat, aprikot, plum, dan kurma. Lezat, bukan?

Air Mineral Gratis

Jangan lupa untuk mengisi botol air Anda di salah satu dari banyak keran di sekitar kota secara gratis! Suhu air mineral segar ini selalu berada di titik 37 derajat Celcius. Bahkan di tengah musim dingin yang membekukan Sofia.

Keramik Spesial

Pastikan untuk membeli beberapa tembikar Bulgaria. Tembikar yang berwarna-warni, indah mengkilap, yang akan membuat kenang-kenangan hebat dari perjalanan Sofia Anda.

Budaya Yoghurt

Penuhi kebaikan Lactobacillus bulgaricus, bakteri baik yang hanya ditemukan di Bulgaria. Inilah yang membuat yoghurt Bulgaria, disebut kiselo mlyako. Karena rasanya sangat lezat dan sehat. Menurut penelitian, orang Bulgaria mengonsumsi 400.000 ton yogurt setiap tahunnya.

(Vina – Sumber: Historic Sofia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here