Tuai Pujian, Seniman di Birmingham Buat Mural Gadis Berhijab Sedang Main Skateboard

115

Muslim Obsession – Adegan skating gadis muslimah berhijab tidak asing lagi di Birmingham. Oleh karena itu, mural menakjubkan yang menggambarkan seorang gadis berhijab sedang bermain skateboard sangat dipuji sebagai isyarat yang baik untuk mendobrak hambatan sosial.

“Saya sedang melukis di Georges Park ketika saya melihat gadis Muslim muda ini meluncur melewati saya,” ujar Bunny yang membuat mural sebagai bagian dari program GALLERY37 Punch Record, mengatakan kepada Birminghamlive, dikutip Rabu (29/9/2021).

“Saya berpikir: ‘Wow, itu bukan sesuatu yang sering Anda lihat’, saya bertanya kepadanya tentang skating dan dia bilang dia sudah berlatih selama tujuh bulan. Akhirnya ibunya datang dan kami mulai mengobrol tentang gadis-gadis Muslim, melakukan hal-hal yang biasanya tidak dianggap standar untuk mereka lakukan,” bebernya.

“Saya memberi tahu mereka bahwa saya ingin melakukan interpretasi tentang dia jika keluarga setuju, dan mereka melakukannya. Satu-satunya syarat adalah saya tidak menunjukkan wajahnya, itulah sebabnya dia memalingkan muka di mural,” jelasnya.

Menurut Bunny, mereka sangat senang untuk melanjutkannya karena mereka sangat mendukung dia melakukan sesuatu yang dia sukai.

Karya ini adalah salah satu dari beberapa mural yang menggugah pikiran yang tersebar di sekitar Lozells.

Selesai pada 10 Oktober, setiap mural memiliki kode QR unik mereka sendiri yang dapat dipindai oleh orang yang lewat di ponsel mereka dan masuk ke situs web yang menceritakan kisah latar belakang setiap mural.

Mural tersebut merupakan hasil kerja sama antara Bunny, Jason Caballero, dan Simone Linton untuk proyek ‘DOWNLOW’.

DOWNLOW bertujuan untuk menangkap esensi komunitas Lozells dan “menghidupkan kembali” area pasca-lockdown dengan terhubung dengan penduduk setempat, sekolah, dan bisnis.

“Saya terkesan dengan karya luar biasa dari Bunny dan tim kreatifnya,” kata anggota kabinet Lozells Waseem Zaffar, anggota kabinet untuk transportasi dan lingkungan.

“Menyatukan beragam komunitas Lozells dan menggunakan seni sebagai kendaraan untuk perubahan.”

Untuk diketahui, Islam adalah agama dengan pertumbuhan tercepat di kota Birmingham yang beragam budaya.

Ada 301.000 Muslim di Birmingham pada tahun 2018, yang merupakan 27% dari populasi lokal. Jumlah Muslim telah meningkat sebesar 21% dari 249.000 pada tahun 2011.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here