Trump Tak Mau Wajibkan Warganya Pakai Masker

81
Donald Trump

Washington DC, Muslim Obsession – Amerika menjadi salah satu negara dengan tingkat kematian tertinggi corona dengan 3, 68 juta kasus. Meski jumlah itu terus naik namun Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bersumpah tidak akan mewajibkan warga AS untuk mengenakan masker dalam menekan penyebaran virus corona.

Hal tersebut dia lontarkan setelah ahli penyakit menular AS, Anthony Fauci, mendesak negara dan pemimpin daerah sebisa mungkin memerintahkan warganya untuk mengenakan masker. Fauci mengatakan, pemakaian masker sangat penting dan semua orang harus memakainya.

Pemakaian masker kini terlihat sebagai hal yang dipolitisasi di AS akhir-akhir ini sebagaimana dilansir dari BBC, Sabtu (18/7/2020). Di sisi lain, mayoritas pemimpin daerah di AS kini mewajibkan warganya memakai masker jika berkegiatan di luar rumah.

Di antara pemimpin daerah yang mewajibkan warganya memakai masker, ada yang berasal dari Partai Republik. Sebagai contoh adalah Gubernur Alabama, Kay Ivey, yang dikenal dekat dengan Trump.

Namun, pada Jumat (17/7/2020), Trump mengatakan kepada Fox News bahwa dia tidak setuju terhadap perintah pemakaian masker skala nasional. Dia mengatakan, warganya harus memiliki kebebasan untuk memilih.

Awal pekan ini, badan kesehatan publik AS, yakni Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), mengeluarkan pernyataan yang berbunyi desakan agar warga AS memakai masker.

Direktur CDC Robert R Redfield mengatakan, masker adalah senjata paling ampuh yang dimiliki untuk menekan penyebaran virus corona, terutama jika dipakai secara masif.

Gubernur Georgia Brian Kemp mendesak warganya untuk mulai mengenakan masker bulan depan.

Keputusan tersebut dilontarkan sehari setelah Kemp menggugat Wali Kota Atlanta Keisha Lance Bottoms karena mewajibkan warganya mengenakan masker. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here