Tri Mumpuni, Pecinta Desa yang Namanya Mendunia

672
Tri Mumpuni. (Foto: Mongabay)

Muslim Obsession – Tri Mumpuni, belakangan namanya terkenal di seantero Nusantara. Tri Mumpuni menjadi tokoh asal Indonesia yang masuk dalam daftar Muslim Berpengaruh 2021 yang dikeluarkan The Muslim 500 adalah Science & Technology.

Tri Mumpuni bersanding bersama 21 tokoh muslim lainnya dari berbagai negara dunia. Kabar menggembirakan itu pun datang langsung dari Presiden Joko Widodo. Lewat akun Twitternya, Jokowi mengumumkan penghargaan yang diraih dua ilmuwan Indonesia.

“Kabar gembira, tentang prestasi dua ilmuwan Indonesia, Ibu Adi Utarini dan Ibu Tri Mumpuni,” tulis Presiden Jokowi.

“Prof Adi Utarini masuk daftar “Nature’s 10: Ten People Who Helped Shape Science in 2020″ dari jurnal sains Nature. Sementara Tri Mumpuni termasuk 22 Most Influential Muslim Scientists,” tambah Jokowi.

Penghargaan ini bukanlah yang pertama buat Tri Mumpuni. Berbagai penghargaan internasional pernah diraih perempuan kelahiran Semarang, 6 Agustus 1964 tersebut.

Beberapa di antaranya, Climate Hero 2005 dari World Wildlife for Nature, Ashden Awards 2012, dan Magsaysay Awards 2012.

Bahkan di April 2010, Presiden AS Barack Obama memuji Tri dalam acara Presidential Summit on Enterpreneurship di Washington.

Obama mengapreasiasi kiprah Tri Mumpuni mempelopori pembangkit listrik mikrohidro di perdesaan.

Lantas Siapa Tri Mumpuni?

Tri Mumpuni dikenal memiliki perhatian khusus pada masyarakat pedesaan. Ia menghabiskan 15 tahun meningkatkan derajat kehidupan masyarakat pedesaan di Indonesia melalui inisiatif elektrifikasi yang didasarkan pada pembangunan pembangkit listrik tenaga mikro hidroelektrik.

Karyanya yang berpengaruh, menawarkan insentif ekonomi untuk implementasi sistem mikro-hidro, telah diterapkan di 65 desa di seluruh Indonesia dan satu desa di Filipina.

Dia dianugerahi Penghargaan Ashden pada tahun 2012. Mumpuni adalah Direktur Eksekutif IBEKA, sebuah organisasi nirlaba yang memiliki misi untuk mempromosikan pembangunan masyarakat melalui penyediaan energi lokal, terutama pembangkit listrik tenaga air dan juga air bersih.

Dia mempelopori model kemitraan swasta komunitas untuk membangun pembangkit listrik kecil yang dimiliki oleh masyarakat dan sektor swasta, serta bertanggung jawab untuk memperkenalkan inovaasi energi kepada penduduk desa terpencil. (Has)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here