Total Aset Tembus Rp239,56 triliun, Prospek BSI Begitu Menggiurkan

192

Jakarta, Muslim Obsession – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) resmi beroperasi pada Senin (1/2/2021). BSI menjadi satu-satunya Bank Syariah milik BUMN yang masuk dalam urutan ke tujuh bank terbesar di Tanah Air dengan total aset menembus Rp 239,56 triliun.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan, hadirinya BSI tentu menjadi prospek luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi syariah Indonesia. BSI nantinya akan didorong menjadi bank syariah modern dengan kapitalisasi pasar terbesar di Asia bahkan dunia.

“Ini tidak hanya sekedar penggabungan bank saja. Kami akan masuk 10 bank syariah terbesar dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. Kami akan terus berbenah dan melayani segala lini. Dengan layanan modern dan inklusif serta tetap menjaga prinsip-prinsip keuangan syariah,” ujar Hery dalam sambutannya untuk peresmian BSI di Jakarta, Senin (1/2).

Dia menjanjikan transformasi ke depannya dengan penguatan layanan, sumber daya manusia (SDM), serta Teknologi Digital. Pihaknya juga menjanjikan akan fokus menyasar segmen usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) secara terintegrasi.

Selain itu, BSI juga akan melayani sektor konsumer, ritel, hingga nasabah global melalui produk sukuk. Nah, hal ini praktis memicu spekulasi pasar saham perbankan syariah yang semakin cerah. Asal tahu saja, saat ini baru ada tiga bank syariah yang sudah melantai di bursa (initial public offering/IPO).

Ketiga bank itu antara lain PT Bank BTPN Syariah Tbk (BTPS), BSI dengan kode emiten BRIS serta PT Bank Net Indonesia Syariah Tbk dengan kode bursa BANK yang per (1/2) resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI).

BSI merupakan hasil merger tiga bank syariah milik pemerintah, yakni Bank Syariah Mandiri, Bank BRI Syariah Tbk, dan BNI Syariah. Hasil penggabungan ketiganya menciptakan bank syariah terbesar di Indonesia dengan aset sekitar Rp 239,56 triliun. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here