Tokoh Agama Minta JAD Dibubarkan

436
Sidang Pembubaran JAD di Pengadilan Jakarta Selatan (Foto: The Jakartapost)

Malang, Muslim Obsession – Tokoh agama Malang, Jawa Timur, mendukung dibubarkannya kelompok teroris Jemaah Ansharut Daulah (JAD) yang bertanggung jawab atas beragam serangan teroris di Indonesia yang telah menewaskan puluhan orang.

Pemimpin Majelis Taklim Darul Hikmah Malang Kyai M. Yusuf Abdul Rahman dan Ketua Dewan Masjid Indonesia Kota Malang Kyai Masud Ali menentang keberadaan JAD dan pengikutnya sebab kelompok tersebut bertentangan dengan ajaran Islam yang sesungguhnya yang cinta damai dan toleran.

“Kelompok seperti itu berseberangan dengan kami. Kami mendukung pembubarannya oleh (Majelis Hakim) Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, karena kelompok itu tidak mengakui Indonesia dan Pancasila,” tegas Yusuf di Malang, Rabu (25/7/2018).

Dia menilai bahwa negara tidak akan aman jika radikalisme masih bercokol dan merajalela, terlebih masih banyak masyarakat yang pemahaman agamanya tidak kuat.

Sementara itu, Masud juga menunjukkan dukungannya terhadap upaya pemerintah membubarkan JAD.

“JAD nyata-nyata menentang Indonesia. Harus dibubarkan,” ucapnya.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menggelar sidang perdana pembubaran JAD dengan menghadirkan salah satu tokoh besar JAD Zainal Anshori selaku tergugat.

Dalam persidangan, Jaksa Penuntut Umum mengatakan bahwa JAD adalah kelompok yang telah melancarkan serangan teror sehingga menimbulkan korban jiwa dalam jumlah besar.

Serangan teroris teranyar yang dilancarkan kelompok ini ialah pengeboman tiga gereja di Surabaya dan Markas Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya, Jawa Timur, pada Mei 2018, dengan korban jiwa puluhan orang termasuk para pelaku. (Bal)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here