Tok! India Open 2021 Resmi Ditunda

126

Jakarta, Muslim Obsession – Penyelenggaraan turnamen bulutangkis India Open 2021 resmi ditunda. Badminton World Federation (BWF) melalui laman resminya telah mengumumkan keputusan tersebut.

Kejuaraan BWF World Tour Super 500 itu seharusnya bergulir 11-16 Mei, tapi ditunda sampai waktu yang belum ditetapkan. Hal ini karena kasus corona di India masih cukup tinggi.

Menurut BWF, tuan rumah sudah melakukan berbagai upaya untuk tetap melaksanakan turnamen yang aman bagi pemain. Namun, lonjakan kasus COVID-19 baru-baru ini di sana membuat Badminton Association of India (BAI) tak punya pilihan lain selain menunda turnamen.

“Keputusan ini dibuat setelah adanya konsultasi dan kolaborasi dengan otoritas kesehatan setempat di Delhi dan Badminton World Federation,” tulis pernyataan BWF.

Ancaman penundaan turnamen sebetulnya sudah muncul sejak induk organisasi bulutangkis India memutuskan untuk meniadakan sementara seluruh turnamen domestik yang berlangsung April hingga Mei pada beberapa waktu lalu.

Salah satunya yang sudah diputuskan batal sementara ialah kejuaraan senior di Bangalore mulai 18-25 April. Peningkatan kasus COVID-19 di negara tersebut menjadi penyebabnya. Tapi saat itu, tidak dijelaskan soal nasib India Open.

Indonesia sendiri telah menyiapkan dua wakilnya di ajang yang dihitung dalam kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 itu. Mereka ialah Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Adnan Maulana/Mychelle Christine Bandaso.

Sebelumnya, ganda putra Sabar Karyaman Gutama/Moh. Reza Pahlewi Isfahani juga didaftarkan mengikuti turnamen tersebut. Tapi, PBSI membatalkannya karena berada di daftar tunggu nomor 7.

Dengan penundaan India Open, maka turnamen kualifikasi Olimpiade menyisakan Malaysia Open (25-30 Mei) dan Singapore Open (1-6 Juni).

Lonjakan kasus COVID-19 di India menjadi yang terparah di dunia saat ini. Berdasarkan data New York Times hingga Senin (19/4) pagi WIB, ada rata-rata lebih dari 180 ribu kasus baru setiap harinya selama sepekan terakhir. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here