Tips Tetap Sehat dari WHO Meski #DiRumahAja

371
Tedros Adhanom Ghebreyesus (Foto: cnbc)

Muslim Obsession – Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus membagikan tips agar masyarakat tetap sehat meski sedang menerapkan Work From Home (WFH) atau #DiRumahAja.

Di antaranya ialah jangan merokok, jangan minum alkohol, aktif olahraga dan berusaha untuk tidak terlalu banyak menonton berita.

Ini adalah beberapa rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia untuk tetap sehat secara fisik dan mental saat tinggal di bawah karantina. Virus corona baru yang berasal dari Wuhan, Cina kurang dari tiga bulan lalu telah menyebar ke lebih dari 300.000 orang di hampir setiap negara di dunia.

Lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia hidup di bawah beberapa bentuk pengurungan sosial ketika pejabat publik berjuang untuk menahan wabah COVID-19 yang telah merenggut lebih dari 12.000 jiwa.

“Kita semua dalam berbagai tingkat karantina dan itu sulit,” ujar Gubernur New York Andrew Cuomo mengatakan pada hari Jumat setelah memerintahkan bisnis yang tidak penting untuk membuat semua karyawan dan rumah mereka tetap di dalam, kecuali itu suatu keharusan, seperti mendapatkan makanan, obat-obatan, pergi ke dokter, bank atau membawa anjing mereka.

Stres untuk tetap tinggal di dalam rumah dan mengawasi kasus-kasus dan jumlah korban jiwa yang meningkat di seluruh dunia bisa berdampak buruk.

“Selama masa sulit ini, penting untuk terus menjaga kesehatan fisik dan mental Anda. Ini tidak hanya akan membantu Anda dalam jangka panjang, itu juga akan membantu Anda melawan COVID-19 jika Anda mendapatkannya,” kata Tedros.

Berikut sejumlah saran dari WHO agar tetap sehat:

  • Makan sehat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.
  • Jangan minum alkohol dan batasi minuman manis.
  • Jangan merokok. Karena dapat memperburuk gejala COVID-19 dan meningkatkan risiko sakit parah.
  • Berolahraga setidaknya selama 30 menit sehari untuk orang dewasa dan satu jam sehari untuk anak-anak.
  • Jika Anda diizinkan pergi ke luar, berjalan-jalan, berlari, atau bersepeda maka harus menjaga jarak aman dari orang lain.
  • Jika Anda tidak dapat meninggalkan rumah, Anda bisa melakukan yoga atau berjalan naik dan turun tangga.
  • Orang yang bekerja dari rumah tidak boleh duduk terlalu lama di posisi yang sama. Beristirahat 3 menit setiap 30 menit.
  • Jauhkan pikiran Anda dari krisis. Dengarkan musik, baca buku, atau main game.

“Adalah normal untuk merasa stres, bingung dan takut selama krisis. Berbicara dengan orang yang Anda kenal dan percaya dapat membantu,” tutur Tedros.

“Dan cobalah untuk tidak membaca atau terlalu banyak menonton berita jika itu membuatmu cemas. Dapatkan informasi Anda dari sumber terpercaya sekali atau dua kali sehari,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here