Tips Sayyidina Ali Obati Sakit Perut

1163
Sakit Perut (Foto: Hello Sehat)

Muslim Obsession – Siapa yang tidak kenal dengan Ali bin Abi Thalib? Sahabat sekaligus sepupu Nabi Saw. ini memiliki kecerdasan yang luar biasa.

Bahkan, Nabi memberinya gelar pintu ilmu. Di dunia medis, Ali pun jagonya. Dalam kitabnya Qashshs As-Shabat wa As-Shalihin, Syaikh Mutawalli As-Sya’rawi menceritakan kisah mengenai hal tersebut.

Begini ceritanya. Suatu ketika Ali didatangi seorang laki-laki yang mengadukan sakit perut. Ia meminta Ali untuk mengobatinya.

Laki-laki ini tidak berpikir bahwa Ali bukan dokter, yang ia tahu adalah bahwa Ali seorang yang multitalenta. Pikirnya, apapun masalahnya Ali pasti dapat diatasi.

“Aku memohon petunjuk dari engkau untuk mengobati sakit perutku ini,” pinta laki-laki tadi.

Tidak disangka-sangka dan tanpa pikir panjang, Ali bin Abi Thalib segera memberikan resepnya. Beliau mengatakan, “Ambillah dari mahar istrimu sebanyak dua dirham dan belilah madu. Campurlah madu itu dengan air hujan yang baru turun dari langit, lalu minumlah.”

Tentu laki-laki tadi penasaran, dari mana Ali mengetahui resep itu. Sebelum sempat menanyakan, Ali sudah menjawabnya dengan penjelasan selanjutnya. Sang menantu Nabi ini mengatakan:

Sesungguhnya aku mendengar firman Allah tentang air hujan:

“Dan kami turunkan dari langit air yang memberkati.” (QS. Qaaf [50]: 9).

Aku mendengar Allah berfirman tentang madu:

“Di dalam madu terdapat obat bagi manusia.” (QS. An-Nahl [16]: 69).

Dan aku mendengar Allah berfirman tentang mahar istri:

“Kemudian jika mereka menyerahkan kepadamu sebagian dari maskawin itu dengan senang hati, Maka makanlah (ambillah) pemberian itu (sebagai makanan) yang sedap lagi baik akibatnya.” (QS. An-Nisa’ [4]: 4).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here