Tips Mengajarkan Buah Hati Berpuasa

377
Ilustrasi Berbuka puasa (Foto: Skata.info)

Jakarta, Muslim Obsession – Mengenalkan ibadah dan ketaatan pada Allah Swt harus dimulai sedari dini. Saat bulan Ramadhan datang, kita dapat menjadikan momen yang tepat untuk mengajarkan nila-nilai agama dan melatih buah hati untuk berpuasa.

Untuk anak-anak yang belum baligh, memang tidak diwajibkan puasa. Namun akan lebih baik mereka sudah diajarkan menahan nafsu, lapar serta dahaga. Hal ini demi menumbuhkan rasa cinta dan taat kepada Allah Swt.

Pada anak-anak usia 5 atau 6 tahun bisa mulai diajak puasa beduk. Cara ini biasanya jadi andalan para ibu untuk melatih buah hati kesayangannya berpuasa. Yaitu dengan meminta anak tidak makan dan minum hingga waktu salat tiba yaitu beduk panggilan salat berkumandang.

Awali dengan ikut membangunkannya saat sahur. Sediakan makanan dan minuman favorit si kecil, dengan begitu ia lebih termotivasi dan bersemangat untuk bangun sahur. Sediakan makanan kaya gizi untuknya agar tubuhnya tetap fit saat belajar berpuasa.

Bacalah niat berpuasa bersama saat menyantap makan sahur. Setelah itu jelaskan kalau ia tak boleh makan dan minum sejak adzan subuh hingga dzuhur. Saat dzuhur datang dan si kecil merasa tak kuat tak perlu dipaksakan.

Jika ia ingin minum atau makan tak masalah. Setelah perutnya kenyang, tanyakan padanya apakah ia sanggup untuk berpuasa lagi . Apabila anak merasa kuat, biarkan ia kembali menjalani puasa ‘beduk’ hingga ashar atau sampai adzan Maghrib.

Lakukan hal ini terus menerus dan buatlah suasana puasa jadi menyenangkan. Misalnya dengan membuat aktivitas Ramadhan seru, seperti tadarus bersama, melibatkan sang anak menyiapkan makanan berbuka atau menyiapkan buku cerita-cerita Nabi untuk si kecil. (Bal)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here