Tips Biar Badan Nggak Makin Gembrot Selama Pandemi

90

Muslim Obsession – Penguncian virus coronavirus berdampak pada kesehatan mental dan fisik kita. Masa karantina adalah masa yang sulit bagi orang-orang.

Ada peningkatan tajam dalam jumlah orang yang mengalami kenaikan berat badan sangat besar sekali selama pandemi, karena banyak tantangan dan gangguan dalam rutinitas rutin mereka.

Kerja yang panjang dari jam rumah berkontribusi pada gaya hidup yang tidak banyak bergerak di mana orang diharuskan duduk berjam-jam tanpa gerakan apa pun.

Selain itu, kurang tidur, stres, pola makan yang tidak sehat dan makan berlebihan juga berkontribusi pada penambahan berat badan. Fakta bahwa gym ditutup juga tidak membantu.

Masa karantina juga menyebabkan perubahan kondisi mental yang berkontribusi pada makan secara emosional dan orang-orang berjuang untuk mempertahankan rutinitas kebugaran mereka.

Baca Juga: Minum Es Bikin Gemuk, Mitos Atau Fakta?

“Ada berbagai alasan di balik mengapa orang harus menumpuk kelebihan berat itu selama penguncian virus corona,” kata para ahli, dilansir Siasat, Jumat (5/3/2021).

Mereka mengaitkan gaya hidup yang tidak banyak bergerak, kurangnya aktivitas fisik dan gerakan, kebiasaan makan yang salah, dan stres menjadi penyebab di balik penambahan berat badan.

“Penambahan berat badan terjadi ketika asupan kalori harian Anda melebihi pengeluaran Anda. Jumlah kalori yang dikonsumsi selama Lockdown setiap hari sangat tinggi. Orang tidak terbiasa makan bersama setiap hari dalam jangka waktu yang lama,” bebernya.

“Mulai dari teh pagi hingga kudapan malam, sarapan, makan siang, makan malam, dan kudapan larut malam atau makanan penutup semuanya dibuat dan dikonsumsi,” jelas Dr Kiran Rukadikar, Pendiri, DietQueen.

Dia menambahkan, “Makan adalah pengangkat suasana hati dan pereda stres. Semakin banyak Anda makan, semakin bahagia Anda. Tapi ini menambah lebih banyak masalah pada kesehatan Anda. Sekarang setelah kita mengendalikan pandemi, itu adalah tugas kita sendiri untuk menjaga diri kita sendiri. Saat seluruh dunia kembali normal, Anda juga harus melakukannya.”

Strategi penurunan berat badan ini akan membantu Anda kembali ke jalur semula. Direkomendasikan oleh Sukhvinder Singh Saggu, ahli bedah Bariatrik, Apollo Spectra Delhi, berikut adalah beberapa tip penting untuk melawan tonjolan, tetap bugar, dan menjalani hidup sehat:

Cobalah untuk menghilangkan stres

Ini adalah fakta yang diketahui bahwa stres dapat memberikan waktu yang sulit bagi tubuh Anda. Begitu pula, banyak penelitian juga menunjukkan bahwa stres bisa memicu kenaikan berat badan.

Jika alasan di balik kenaikan berat badan Anda adalah stres maka Anda perlu menenangkan diri. Sangat penting bagi Anda untuk meningkatkan ketahanan Anda. Cobalah untuk memotivasi dan mendukung diri Anda sendiri ketika situasi yang menantang muncul. Anda dapat menghilangkan stres dengan memilih yoga dan meditasi.

Anda juga dapat mencoba beberapa latihan pernapasan yang akan membantu Anda menenangkan diri. Anda bisa melakukan apa yang Anda suka. Cukup dengarkan musik untuk melepas lelah, menari, memasak, atau berkebun. Ikuti rutinitas yang benar.

Menulis jurnal bisa menjadi ide yang bagus

Anda harus menuliskan apa saja yang Anda makan, berapa banyak minyak yang Anda gunakan, atau apa yang Anda miliki selama mengemil. Ya, dapat dipahami bahwa kebiasaan makan Anda pasti berubah jadi penting bagi Anda untuk menghindari makan berlebihan atau makan secara emosional.

Rencanakan apa yang akan Anda miliki untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Jika Anda mengidam di tengah malam, cobalah untuk menikmati pilihan sehat seperti yogurt, makhana, dan cobalah minum banyak air.

Cobalah untuk membatasi makanan cepat saji, pedas, berminyak, dan olahan. Tetapkan waktu makan yang tepat. Jangan makan malam terlambat dan kemudian segera tidur. Kontrol porsi sama pentingnya. Makan banyak buah dan sayuran agar tetap sehat.

Jalan-jalan di rumah

Jika Anda bekerja dari rumah dan diminta untuk berbicara di telepon, cobalah berjalan-jalan di sekitar rumah Anda sambil melakukannya. Bagaimanapun, itu akan baik untuk Anda, bukan? Cobalah untuk menetapkan target setiap hari dan pastikan Anda menyelesaikannya.

Tetapkan tujuan yang lebih kecil. Ini adalah kebutuhan saat ini untuk berolahraga di rumah. Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti senam aerobik, latihan beban, atau Zumba di rumah.

Makan secukupnya, kurangi makanan yang digoreng dan manis berkalori tinggi. Dapur Anda adalah pusat penurunan berat badan, dan Balanced Home Diet adalah diet terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here