Tips Anti Malas Shalat, Bagaimana Caranya?

880
Ustadz Adi Hidayat
Ustadz Adi Hidayat

Muslim Obsession – Malas adalah sifat manusiawi yang kerapkali muncul dan sulit dibuang. Sifat malas juga sering muncul dalam melaksanakan shalat wajib maupun sunah.

Padahal dalam sebuah riwayat, Abu Hurairah berkata, Rasulullah Saw. bersabda, “Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba di hari kiamat adalah shalatnya.”

Lalu, bagaimana cara menghilangkan sifat malas dalam mengerjakan shalat? Simak, tips sederhana dari Ustadz Adi Hidayat berikut ini!

“Jadi kalau sedang malas-malasan pahami dengan keimanan kita bukan dengan akal. Mengapa? Karena jika memahami dengan akal akan banyak pertimbangan nantinya,” tutur Ustadz Adi dalam sebuah cuplikan video ceramahnya.

Allahu Akbar Allahu Akbar.. Nak Shalat! Anak menjawab, kan baru adzan mah, belum iqamah. Itu namanya pakai akal,” sambungnya.

Lalu ketika iqamah sudah dikumandangkan, tambah Ustadz Adi, orangtua akan kembali menegur, Nak sudah iqamah! Anak menjawab, kan baru iqamah, masih dua jam lagi. Lagi-lagi pakai akal.

“Pakai iman!” kata Ustadz Adi mengulangnya dua kali.

Bagaimana caranya? Ketika adzan berkumandang, pakai iman kita dan kedepankan iman daripada akal.

“Saat adzan memanggil, ucapkan bahwa ini tiket saya ke surga. Kalau saya tidak ambil, tidak mudah untuk mendapat peluang lagi. Bagaimana jika sebelum saya mengambil tiket itu, saya keburu diwafatkan. Belum tentu saya hidup sampai iqamah,” terangnya.

“Bismillah, langsung bersiap-siap. Begitu wudhu, niat untuk shalat. Baru mau melangkah satu langkah ke masjid, kita tidak tahu tiba-tiba datang malaikat maut. Maka ditulis catatannya berdasarkan niatnya, ditulis langkah amalannya, diampuni dosanya dan surga untuknya,” pungkas Ustadz Adi. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here