Tips Agar Tidur Ditemani Malaikat Bukan Setan

1180
Tidur (Foto: Acordar Feliz)

Muslim Obsession – Tidur dengan nyaman dan berkualitas sangat bermanfaat bagi kesehatan. Karenanya, sebagai Muslim kita memiliki sejumlah adab sebelum tidur. Tidak hanya bertujuan untuk tidur yang nyenyak, adab-adab tidur berikut ini bisa membuat malaikat senantiasa menemani tidur kita:

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila manusia berbaring di pembaringannya atau hendak tidur, malaikat dan setan segera menghampirinya. Malaikat membisikkan, “Akhiri malammu dengan kebaikan”. Sedangkan setan membisikan, “Akhiri malammu dengan keburukan”. Apabila dia berdzikir menyebut nama Allah kemudian tidur, maka malaikat melindungi dia di malam itu.“ (HR. Ibnu Hibban)

Baca Juga: Adab Sebelum Tidur Menurut Sunnah Nabi

Maka dari itu, kita dianjurkan untuk berdzikir sebelum tidur, yakni dengan membaca doa tidur, ayat kursi dan “3 Qul” ditiup ke telapak tangan dan diusap ke seluruh tubuh.

“Siapa yang membaca ayat Kursi sebelum tidur, maka ia akan terus dijaga oleh Allah dan terlindungi dari gangguan setan hingga pagi hari.” (HR. Bukhari no. 3275)

Dari ‘Aisyah, beliau radhiyallahu ‘anha berkata:

كَانَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ كُلَّ لَيْلَةٍ جَمَعَ كَفَّيْهِ ثُمَّ نَفَثَ فِيهِمَا فَقَرَأَ فِيهِمَا ( قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ) وَ ( قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ ) وَ ( قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ ) ثُمَّ يَمْسَحُ بِهِمَا مَا اسْتَطَاعَ مِنْ جَسَدِهِ يَبْدَأُ بِهِمَا عَلَى رَأْسِهِ وَوَجْهِهِ وَمَا أَقْبَلَ مِنْ جَسَدِهِ يَفْعَلُ ذَلِكَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ

“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan ’Qul huwallahu ahad’ (surat Al-Ikhlash), ’Qul a’udzu birobbil falaq’ (surat Al-Falaq) dan ’Qul a’udzu birobbin naas’ (surat An-Naas). Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali.” (HR. Bukhari no. 5017).

Baca Juga: Anda Sulit Tidur? Ini Resep yang Diajarkan Rasulullah

Tidak hanya itu, selain dzikir juga kita dianjurkan untuk berwudhu ketika akan tidur. Hal ini berdasarkan hadits Al Baro’ bin ‘Azib, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلاَةِ ، ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الأَيْمَنِ

“Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu.” (HR. Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710)

Dalam riwayat lain, Rasulullah Saw. bersabda: “Sucikanlah badan-badan kalian, semoga Allah mensucikan kalian, karena tidak ada seorang hamba pun yang tidur malam dalam keadaan suci melainkan satu malaikat akan bersamanya, tidak satu saat pun dia membalikkan badannya melainkan satu Malaikat akan berkata: ‘Ya Allah, ampunilah hamba-Mu ini, karena ia tidur malam dalam keadaan suci.’” (HR. At-Thabrani)

Wallahu A’lam bish Shawab..

(Vina – Berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here