Tinta Cumi-Cumi Bantu Kurangi Pertumbuhan Tumor dan Kanker

904
Tinta Cumi-Cumi

Muslim Obsession – Tinta cumi-cumi dapat membantu mengurangi pertumbuhan tumor kanker. Menurut studi baru, anopartikel yang ditemukan dalam tinta cumi-cumi bisa menjadi kunci untuk menghambat pertumbuhan tumor kanker.

Penelitian yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan Cina dari Universitas Wuhan mengungkapkan bahwa nanopartikel, yang sebagian besar terdiri dari melanin, asam amino, monosakarida (gula sederhana), logam, dan senyawa lainnya, berhasil menghambat pertumbuhan tumor kanker pada tikus. Jadi diharapkan bisa untuk pengobatan kanker pada manusia, menurut sebuah artikel yang diterbitkan di phys.org.

“Partikel-partikel itu hampir sepenuhnya menghambat pertumbuhan tumor dengan memodifikasi sistem kekebalan ketika dikombinasikan dengan iradiasi,” kata artikel itu mengutip makalah penelitian yang diterbitkan dalam edisi terbaru American Chemical Society (ACS) Nano, seperti dilansir Daily Sabah, Rabu (24/7/2019).

Xian-Zheng Zhang dari Universitas Wuhan, yang memimpin penelitian dengan Pang-Hu Zhou dari Rumah Sakit Renmin, mengatakan mereka menemukan nanopartikel alami dari tinta sotong dengan biokompatibilitas yang baik yang secara efektif dapat mencapai imunoterapi tumor dan terapi fototermal secara bersamaan.

Dia menambahkan bahwa temuan ini mungkin menginspirasi lebih banyak studi tentang mengeksplorasi bahan alami untuk aplikasi medis. Zhang mencatat bahwa mereka telah mengerjakan beberapa komponen lain seperti rambut, bakteri, jamur, dan bahkan sel-sel tubuh manusia sebagai pembawa obat terapeutik dan potensi biomedis mereka dalam memerangi kanker.

“Dengan mengambil inspirasi dari alam dan memanfaatkan karakteristiknya, kami berharap menemukan beberapa penelitian berharga yang akan memberikan solusi baru dan efektif untuk pengobatan penyakit klinis,” tambahnya. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here