Tin, Buah Nabi yang Banyak Manfaatnya

287
Buah Tin (Foto: Itjeher)

Muslim Obsession – Tin, buah yang familiar di kalangan umat muslim karena namanya termaktub dalam Al-Quran dan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, ternyata memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.

Buah ini tumbuh di tanah Arab dan menjadi kebanggaan bangsa Arab karena diberkahi. Tin juga dianggap sebagai pohon tertua yang dikenal manusia dalam sejara kemanusiaan.  Pada musim kemarau, buah tin dibuat untuk menu makanan yang lezat. Sedangkan pada musim hujan, buah tin diolah sebagai makanan kering yang sangat diminati.

Buah yang disebutkan di dalam Al-Quran ini ternyata mengandung antioksidan super.

Menurut penelitian pada tahun 2005, antioksidan di dalam buah tin ampuh untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Tin juga termasuk sumber vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, kalium, magnesium, seng, mangan, tembaga, dan zat besi yang baik.

Apa saja manfaat buah tin atau ara untuk kesehatan;

1. Bagus untuk diet

Manfaat buah tin untuk diet ini terdapat pada seratnya yang membantu memperlancar metabolisme tubuh dan pencernaan. Pada kandungan 100 gram buah tin, hanya terkandung 74 kalori, yang mana bagus untuk Anda yang sedang diet. Manfaat lain yang bisa didapat dari buah tin adalah kandungan mineral, vitamin serta pigmennnya yang baik untuk mencerahkan dan melembabkan kulit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here