Tim DMC Dompet Dhuafa Terus Sisir Pencarian Korban Gempa

392
Lombok diguncang gempa berkekuatan 7.0 SR pada Ahad malam (5/8/2018) (Foto: Tirto)

Lombok Muslim Obsession – Gempa dengan kekuatan 7.0 SR kembali mengguncang Lombok, NTB, Ahad (5/8/2018) pukul 18.46. Gempa yang berpotensi tsunami ini juga meluluhlantahkan wilayah Bali dan Sekitarnya.

Hingga malam ini pukul 21.30, peringatan dini akan tsunami sudah dicabut dari BMKG. Namun sejumlah warga masih dilanda kecemasan akan adanya gempa susulan yang lebih besar lagi.

Menurut Syamsul Ardiansyah sebagai Aktivis Kemanusiaan Dompet Dhuafa, seluruh tim Disaster Managemen Centre Dompet Dhuafa terus melakukan penyisiran dan evakuasi para korban ke Rumah Sakit Tanjung, Kabupaten Lombok Utara.

Hingga saat ini jaringan listrik masih dipadamkan dan wilayah sekitar masih terjadi keramaian warga yang belum enggan kembali ke rumah masing-masing. Bahkan beberapa pasien rumah sakit masih terlihat di halaman parkir.

“Saat ini kami masih mencari data-data korban serta Fasilitas umum yang rusak parah akibat gempa yang tadi mengguncangkan wilayah Lombok dan sekitarnya. Namun dari laporan sementara sudah ada korban meninggal dari dewasa dan anak-anak sementara untuk korban patah tulang cukup banyak,” demikian pernyataan Dompet Dhuafa melalui keterangan tertulis.

Sejauh ini tim Respon Dompet Dhuafa sudah turun sejak Ahad 29 Juli 2018 dengan membangun sejumlah penanganan seperti pos sehat, aksi layan sehat, ruang ramah anak, sekolah ceria, sekolah darurat, pengadaan MCK, dapur umum, pos hangat serta ketersediaan dapur keliling untuk menunjang konsumsi warga di pos-pos pengungsian yang ada.

Untuk info lebih lanjut dan terkini mengenai situasi yang saat ini terjadi bisa menghubungi Eka Suwandi (+62 877-7166-5816) sebagai Komandan Lapangan DMC. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here