Tiga Siswa Madrasah Jadi Finalis Olimpiade Matematika Internasional

138
Siswa MAN IC Kendari
Tiga siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kendari menjadi finalis Hong Kong International Mathematical Olympiad (HKIMO). (Foto: Kemenag)

Kendari, Muslim Obsession – Siswa madrasah kembali mendapat sorotan publik dunia setelah tiga siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kendari menjadi finalis Hong Kong International Mathematical Olympiad (HKIMO).

Ketiga siswa MAN IC Kendari tersebut adalah Muhammad Fachri Wijaya dan Abdul Rahman (peraih medali emas serta Resaldi Jafar Tongku (peraih medali perunggu).

Final akan berlangsung di Hongkong, 30 Agustus hingga 2 September mendatang. Ketiganya akan bersaing dengan 101 siswa Indonesia lain dan juga ratusan siswa dari mancanegara.

Babak awal Olimpiade Matematika berlangsung ketat. Hampir semua sekolah unggulan dari berbagai provinsi ikut ambil bagian pada ajang bergengsi di bidang ini.

“Teruslah mencari event-event penting, baik event lokal maupun internasional, karena kita akan dapat mengukur kompetensi siswa dengan tepat jika ada lomba yang diikuti,” ujar Kepala MAN IC Abdul Basit di Kendari, Senin (17/6/2019).

Sementara itu guru pembimbing siswa, Munawir, mengatakan bahwa prestasi anak didiknya tidak terlepas dari kesungguhan dan ketekunan mereka dalam belajar mempersiapkan diri.

“Dengan kesungguhan, tidak ada yang tidak mungkin, bahkan untuk menembus event internasional seperti HKIMO ini. Siswa sudah menunjukan hasil dari usahanya selama ini,” tuturnya.

MAN IC Kendari awalnya mengirim lima siswa. Dua siswa lainnya adalah Fikri Surahman dan Rizki Fahlia Mubarak. Mereka merebut juara harapan (merit medal). (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here