Tiga Pesan TGB Hadapi Pandemi Covid-19

221
Tuan Guru Bajang (TGB) (Foto: Edwin Budiarso)

Jakarta, Muslim Obsession – Saat ini kita sedang menghadapi wabah yang luar biasa Covid-19. Banyak negara terjangkit termasuk negara Indonesia.

Dalam hal ini Tuan Guru Bajang atau yang akrab disapa TGB menyampaikan tiga pesan dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini.

Pertama, mari kembali kepada Allah. Perbanyak doa kita, doa keselamatan agar kita dijauhkan dari wabah ini. Agar yang sakit disembuhkan dan bangsa kita dijaga oleh Allah Swt.

Kedua, Islam mengajarkan untuk taat pada waliyul amr. Maka anjuran, seruan, pedoman yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait dengan Covid-19 ini wajib kita taati. Seperti berdiam di rumah untuk sementara waktu, tidak keluar kecuali untuk hal-hal yang darurat.

“Kalaupun keluar, menjaga jarak dengan orang lain dan selalu membersihkan diri. Sesering mungkin cuci tangan, makan makanan yang baik dan semua tuntunan pedoman yang diberikan pemerintah kita taati. Karena taat pada pemerintah yang sah adalah perintah Allah dan Rasul-Nya,” ungkap TGB melalui pesan audio yang ia unggah di Instagram, Senin (23/3/2020).

Ketiga, kita diajarkan untuk taat pada ulama. Para ulama di dunia termasuk Majelis Uama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan panduan khususnya tentang shalat berjamaah di masjid. Dalam keadaan wabah seperti ini, dibolehkan untuk tidak melaksanakan shalat berjamaah di masjid dan juga tidak melaksanakan shalat Jumat.

Bagi yang tidak shalat berjamaah di masjid, shalatnya di rumah bersama keluarga. Sedangkan bagi yang tidak melaksanakan shalat Jumat, diganti dengan melaksanakan shalat dzuhur.

“Fatwa ini dikeluarkan oleh ahlinya, orang yang kompeten untuk menghindarkan kemudharatan dan menyelamatkan kehidupan. Demi menjaga kemaslahatan diri sendiri dan orang lain,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here