Tiga Kunci Sukses Menghafal Al-Quran 

915
Ilustrasi mengaji

Wanadadi, Muslim Obsession – Kunci sukses bagi penghapal Al-Quran adalah mengutamakan Al-Quran. Sepanjang Al Quran tidak ditempatkan lebih tinggi dibanding urusan lainnya, maka akan sulit bagi seseorang untuk cepat menghapal Al-Quran.

Hal ini disampaikan Arif Riyadi, Direktur Pondok Modern Tahfidzul Qur’an Sabilurrosyad Muhammadiyah Banjarnegara di Wanadadi. Hal ini dikatakannya saat kegiatan Talkshow dengan tema “Membumikan Al-Quran Mencetak Generasi Qur’ani”, di serambi Masjid Sabilurrosyad, Wanadadi.

Rasa malas, kata Arif, seringkali menjadi penghambat paling besar dalam upaya menghapal Al-Quran. Bila diberi tugas untuk menghapal Juz 30 sehari, yang muncul pertama adalah bayangan banyaknya hapalan dan harus dilakukan sehari. Bayangan ini mengecilkan minat untuk usaha yang lahir justru sikap malas-malasan. Pada posisi ini, kesungguhan niat mendapat tantangan.

“Kunci menghapal Al-Quran ada tiga. Pertama, sungguh-sungguh dalam menghapalnya. Indikasinya adalah mengutamakan Al-Quran dibanding urusan lain. Kedua, semangat. Ini beda dengan sungguh-sungguh karena semangat itu motivasi. Dan, ketiga. Tidak ada rasa malas dalam upaya menghapalnya,” katanya.

Hafizh cilik yang populer di acara TV Nasional, Alana tampil bersama ibunya Darsiah menyampaikan pengalaman dalam menghapal Al-Quran. Menurut Darsiah, dalam upaya menambah tambahan hapalan, setiap habis subuh Alana menghapal 1 juz. Dan ini kemauan Alana sendiri, bukan karena paksaan orang tuanya

“Habis subuh hari ini juz 1, besok juz 2, dan seterusnya sampai juz 10. Setelah juz 10 balik lagi menghapalnya dari juz 1. Selanjutnya tambahan hapalan ditambahkan pada hapalan ini. Begitu seterusnya. Terus menerus dilakukan. Istiqamah dengan hapalan.” katanya sebagaimana dilansir laman resmi Muhammadiyah, Senin (2/9/2019).

Bahkan, lanjut Darsiah, Alana sering memaksakan diri untuk tetap istiqamah menghapal. Meski kondisi sakit, Ia tetap memaksakannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here