Tidur Lagi Setelah Subuh? RUGI Besar!

319
Tidur (Foto: Acordar Feliz)

Muslim Obsession – Waktu pagi adalah waktu yang utama dan penuh keberkahan. Pada waktu tersebut, kondisi manusia berada pada titik teratas, penuh dengan semangat untuk menjalankan aktivitasnya.

Dan alangkah baiknya melakukan pekerjaan dimulai pagi-pagi agar semangat. Karena bekerja dengan semangat dan sungguh-sungguh adalah salah satu karakter seorang muslim yang mulia.

Tak hanya itu, bagi kita yang mengharapkan terbukanya pintu rezeki, dilapangkannya materi, di cukupkannya kebutuhan, maka sebaiknya lebih menguatkan ikhtiar di waktu-waktu pagi.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak menganjurkan pada kita untuk tidur selepas Subuh. Sebab di saat-saat itulah Allah tebarkan keberkahan, Allah limpahkan keutamaan bagi siapa saja yang bergerak keluar dari peraduan dengan niat meraih kemudahan.

Sebagaimana yang tertuang pada hadist riwayat Ibnu Abi Syaibah, bahwa suatu ketika ‘Urwah pernah mengatakan, “Dahulu Zubair melarang anak-anaknya untuk tidur di waktu pagi.” Urwah mengatakan, “Sungguh jika aku mendengar bahwa seorang itu tidur di waktu pagi maka aku pun merasa tidak suka dengan dirinya”.

Ibnul Qayim menjelaskan, “Di antara hal yang makruh menurut para ulama adalah tidur setelah shalat Shubuh hingga matahari terbit karena waktu tersebut adalah waktu memanen ghonimah (waktu meraih kebaikan yang banyak).”

Menurut para ulama, tidur setelah subuh merupakan salah satu amalan yang makruh, sebab dengan tidurnya seseorang akan menghilangkan kesempatan untuk meraih banyak kebaikan di waktu pagi.

Sungguh meruginya kita, bila meninggalkan saat-saat terbaik hanya karena lebih memilih tidur dari bergegas memulai aktivitas atau pekerjaan. Tidakkah kita ingin dimudahkan rezeki oleh Allah? Tidakkah kita ingin dikarunia banyak kebaikan dari Allah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here