Tidak Akan Pulangkan Santri, Gontor Pilih ‘Lockdown’

10553

Ponorogo, Muslim Obsession – Terkait mulai maraknya penyebaran virus corona, sejumlah pesantren di Jawa Barat melakukan tindakan pencegahan dengan memulangkan santrinya.

Berbeda dengan Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor (PMDG) yang mengeluarkan maklumat bahwa
Gontor tidak akan memulangkan para santrinya ke rumah masing-masing, melainkan memilih untuk lockdown.

Dalam maklumat yang ditandatangani langsung Pimpinan Pondok Kiai Haji (KH) Hasan Abdullah Sahal, ada 10 langkah yang akan diterapkan, salah satunya melarang kunjungan wali santri atau tamu lainnya hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Berikut 10 maklumat PMDG tertanggal 20 Rajab 1441 atau 15 Maret 2020:

1. Melarang kunjungan wali santri dan tamu sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

2. Jika terpaksa menerima tamu, maka harus diadakan pengecekan suhu dengan thermometer gun, serta  sterilisasi ringan dengan hand sanitizer atau desinfektan.

3. Melarang penerimaan paket dalam bentuk apapun dari wali santri. Adapun terpaksa menerima, maka perlu disterilkan dengan desinfektan.

4. Melakukan penjagaan di pintu masuk pondok selama 24 jam.

5. Menyediakan dan mendistribusikan:
a. Desinfektan, hand sanitizer, serta thermometer gun di tempat-tempat yang dianggap perlu.
b. Masker bagi yang sakit.

6. Melarang santri dan guru untuk melakukan perjalanan ke luar pondok.

7. Mengintensifkan pengawasan terhadap kondisi santri, guru, karyawan yang sakit dengan melibatkan tenaga kesehatan pondok yang ada.

8. Menghindari kontak fisik langsung (salaman, berpelukan, cium tangan, kegiatan massal, dll).

9. Meningkatkan kebersihan dengan menjaga wudu dan mencuci tangan dengan sabun.

10. Membaca doa terhindar dari penyakit menular sebagai bentuk ikhtiar agar terhindar dari penyakit tersebut.

BAGIKAN

4 KOMENTAR

  1. Ini siapa yg buat berita? Alumni kah? Apakah sudah tabayun dwngan pihak gontor? Apakah kata2 “Tidak memulangkan santri dan pilih lockdown” sudah terkonfirmasi kepada pondok? Mohon untuk hati2 jika yg menyunting berita ini adalah alumni

  2. Afwan. Gontor belum mengeluarkan maklumat “tidak memulangkan santri” . Sampai saat ini info liburan masih sesuai jadwal. Yang ditunda kepulangan kls 6 mundur 3 bulan. Untuk kls 1 – 4 belum ada maklumat tentang membatalkan perpulangan. Yang dibatalkan adalah acara pensi konsulat yang biasa dilakukan oleh santri Ponorogo. Mohon mengklarifikasi berita agar tidak memyulitkan pihak pondok jika ada walsan yg menanyakan tentang hal ini. Syukron

  3. klw memang keputusan pondok tidak meliburkan santri,sebagai wali santri digp 1,saya sangat setuju,mengingat keadaan diluar pondok tidak menentu.karna saya pribadi jujur tidak bisa menjamin klw ank diperjalan sampai kerumah tidak terpapar.
    mengingat domisili saya diriau.
    mereka harus lemati solo,jogya dan terbang keBatam,kemudian dibatam harus menginap,baru keesokan harinya nyebrang ketempat kediaman kami selama 3jam melewati laut,Pulau burung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here