Tidak Ada Korban WNI dalam Ledakan Besar di Beirut

154
Ledakan sangat besar terjadi di Port of Beirut pada Selasa (4/8/2020) pukul 18.02 waktu setempat.

Beirut, Muslim Obsession – Duta Besar Indonesia untuk Lebanon Hajriyanto Y. Thohari menegaskan tidak ada Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban ledakan di Beirut, ibu kota Lebanon.

Berdasarkan pengecekan terakhir seluruh WNI dalam keadaan aman dan selamat. Dalam catatan KBRI, terdapat 1.447 WNI, 1.234 di antaranya adalah Kontingen Garuda dan 213 merupakan WNI sipil termasuk keluarga KBRI dan mahasiswa.

“KBRI telah menyampaikan imbauan melalui WAG dan melalui simpul-simpul WNI. Sejauh ini WNI terpantau aman. KBRI telah mengimbau utk segera melapor apabila berada dalam situasi tidak aman,” ujarnya lewat siaran pers, Rabu (5/8/2020) pagi waktu Indonesia.

Menurutnya, KBRI telah melakukan komunikasi dengan pihak Kepolisian dan meminta laporan segera apabila ada update mengenai WNI dan sepakat akan segera menyampaikan informasi kepada KBRI.

“Seorang) WNI yang sedang di karantina di RS Rafiq Hariri, Beirut, yang tidak jauh dari lokasi ledakan, juga sudah terkonfirmasi aman,” jelasnya.

Ia menjelaskan, ledakan sangat besar terjadi di Port of Beirut pada Selasa (4/8/2020) pukul 18.02 waktu setempat. Lokasi port berdekatan dengan Downtown Beirut. Tingkat kehancuran dan kerusakan properti terjadi dalam radius beberapa kilometer dari pusat ledakan.

Ledakan yang berlokasi di kawasan pelabuhan itu mengguncangkan seluruh ibu kota, mengguncang bangunan dan menebarkan kepanikan di antara warganya, 73 orang di antaranya tewas dan ribuan lainnya terluka.

Perdana Menteri Hassan Diab menyatakan, sebanyak 2.750 ammonium nitrat yang merupakan pupuk pertanian disinyalir menjaid penyebab insiden. Pupuk itu, kata PM Diab, disimpan selama bertahun-tahun dalam gudang di tepi laut.

“Memicu bencana alam dalam setiap arti,” kata dia. Berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan Lebanon, sebanyak 73 orang tewas dan 3.700 orang terluka di seantero ibu kota dalam insiden tersebut. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here