TGB: Polemik Doa Mbah Moen Tak Perlu Diributkan

389
Tuan Guru Bajang (Foto: Edwin Budiarso)

Jakarta, Muslim Obsession – Muhamad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) turut menanggapi doa Kiai Maimun Zubair (Mbah Moen) yang sempat menjadi polemik. Menurut Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut, doa Mbah Moen tidak untuk diributkan.

TGB juga berharap doa Mbah Moen tidak dimanfaatkan untuk kepentingan politik, karena hal itu dapat membuat perpecahan.

“Kalau mau tahu maksud doa dari Kiai Maimun, tanyalah kepada Kiai Maimun, jangan kepada siapa-siapa. Tidak untuk dipolemikkan, tidak untuk diributkan, apalagi dijadikan tambahan amunisi untuk memecah kita satu sama lain,” katanya di Jakarta, Kamis (7/2/2019).

TGB menegaskan pihak-pihak yang meributkan doa Mbah Moen sebaiknya menanyakan langsung kepada Mbah Moen. Dia menyebut Mbah Moen harus dihormati.

“Yang mengetahui maksud dari doa itu adalah yang berdoa. Sudah, beliau adalah guru kita, orang sepuh. Siapa saja yang mau tahu maksud doa beliau maka datangilah beliau dengan baik-baik tanya kepada beliau,” ungkapnya.

Sebelumnya, Fadli Zon membuat puisi berjudul ‘Doa yang Ditukar’ untuk menanggapi momen Mbah Moen yang salah ucap doa saat duduk di samping Jokowi menjadi perbincangan. Sejumlah pihak lantas mempertanyakan sosok ‘kau’ dalam puisi Fadli itu dan menganggap sosok ‘kau’ yang dimaksud adalah Mbah Moen.

Fadli pun kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Dia menjawab bahwa sosok yang dia maksud bukanlah Mbah Moen. Fadli juga menegaskan dirinya sangat menghormati sang kiai. (Bal)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here