Terungkap Kapolri Listyo Sigit Ternyata dari Keluarga TNI AU

147

Jakarta, Muslim Obsession – Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo telah dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara dan resmi menjabat sebagai Kapolri. Mungkin banyak yang tidak tahu jika Kapolri Listyo Sigit ternyata berasal dari keluarga TNI Angkatan Udara atau TNI AU.

Ia merupakan putra prajurit TNI AU. Ayahnya Mayor Sutrisno pernah berdinas di Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta. Kabar itu dibenarkan oleh pihak TNI setelah tersebar foto masa muda Listyo yang beralamat di Blok P-1 Lanud Adisuciptp, Yogyakarta.

“Betul, Pak Kapolri yang baru dilantik (Listyo Sigit) merupakan putra personel Angkatan Udara,” kata Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, Rabu (27/1/2021).

Latar belakang Listyo Sigit ini menuliskan sejarah tersendiri. Kapolri maupun Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga sama-sama lahir dari keluarga TNI AU.

Untuk diketahui, Marsekal Hadi merupakan putra dari Sersan Mayor Mayor Bambang Sudarto, yang ketika masih aktif di militer berdinas sebagai teknisi pesawat.

Kehidupan Marsekal Hadi sejak kecil hingga sukses menjadi Panglima TNI terekam dalam buku “Anak Sersan Menjadi Panglima: Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto”.

Datang dari keluarga AU, alamat resmi Listyo Sigit yang tertera di Akademi Kepolisian tertulis berada di Lanud Adi Sutjipto Blok P-1 Yogyakarta. Hal sama juga tertulis dalam album kenangan masa SMA.

Di potret lawas itu, Listyo Sigit disebut tertulis “Akpol” menandakan dia melanjutkan pendidikan lanjutan yang akan ditempuhnya. Sementara foto teman-temannya tertulis nama universitas yang akan dituju. Untuk diketahui, Sigit merupakan lulusan SMAN 8 Yogyakarta.

Listyo Sigit dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu pagi tadi. Mantan kapolres Solo itu resmi menjadi orang nomor satu di Korps Bhayangkara menggantikan Jenderal Pol Idham Azis.

Dalam rekam jejaknya, sejumlah jabatan pernah disandang Sigit. Memulai dari Pamapta di Polrestro Tangerang, polisi kelahiran Kota Ambon, Maluku ini pernah menjabat kapolres Pati dan kapolres Solo, Jawa Tengah. Dia juga dipercaya sebagai ajudan Presiden Jokowi, Kapolda Banten, Kadiv Propam dan Kabareskrim Polri. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here