Ternyata, Ini Penyebab Anak Suka Membantah Orangtua

1496
Ustadz Adi Hidayat, Lc.,M.A,.

Muslim Obsession – Penceramah kondang, Ustadz Adi Hidayat, Lc.,M.A menyebutkan beberapa faktor yang dianggap penyebab anak suka membantah orangtua. Berikut penjelasan beliau dalam ceramah pendek yang diunggah salah satu akun Youtube.

“Kenapa anak menjauh dari sifat penurut, sering marah meluap, tidak taat orangtua? Mungkin (maaf), doa ibu itu tidak sebanding dengan apa yang ditampilkan perilakunya.”

Ustadz yang dikenal hafal letak ayat dalam Al-Quran ini menerangkan, bahwa orangtua seringkali membiarkan anak menonton acara yang tidak pantas.

Beliau menyayangkan orangtua yang tidak mengontrol apa yang anak dengar, apa yang anak lihat. Sedangkan, mereka terus berdoa agar diberi anak yang shalih.

“Yang tidak menarik itu, malam-malam orangtua menangis di hadapan Allah. Ya Allah jadikan anak saya anak yang shalih, rajin shalat, bisa baca Al-Quran. Tapi justru disekolahkan di tempat yang tidak pernah mengajarkan shalat. Bagaimana itu bisa terjadi?”

Menurut beliau itulah yang pertama kali akan membentuk perilaku yang tidak mudah kemudian diperbaiki.

Padahal Al-Quran telah menjelaskan konsep pendidikan anak sejak dalam kandungan sampai ajal menjemput, “Semuanya lengkap dalam Al-Quran,” jelas Ustadz Adi.

“Kalau ada seseorang yang sedang mengandung, maka Al-Quran meminta orangtuanya untuk menjaga kandungan itu. Supaya nanti ketika lahir menjadi benih anak yang shalih. Hal ini telah dijelaskan dalam QS. Al-Araf [7]: 189,” jelas beliau.

Ustadz Adi juga mengatakan, bahwa Al-Quran mengatur manusia dari lahir hingga ajal. Mulai dari cara berobat yang benar, cara mendidik anak ketika bergaul dengan temannya, dan banyak lagi.

“Jadi, kalau kita berubah menjadi jelek, yang salah itu bukan Allah. Yang salah adalah diri kita sendiri. Allah yang sudah merawat kita dengan baik, kita yang mencelakai diri. Allah sudah jaga, kenapa kita rusak? Itu maksudnya,” pungkas beliau. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here