Terinspirasi dari Mohamed Salah, Pria Ini Mantap Masuk Islam

215
Ben Bird. Foto: Istimewa

Jakarta, Muslim Obsession – Seorang pria asal Inggris, bernama Ben Bird memutuskan masuk Islam atau menjadi mualaf karena terinspirasi tingkah laku positif dari penyerang Liverpool, Mohamed Salah. Ia menilai saat mengenal jadi bintang sepak bola, Salah selalu berprilaku baik, di dalam maupun luar lapangan.

Ben tergerak untuk mengikuti jejak winger berpaspor Mesir tersebut. Ben awalnya benci terhadap umat Islam, terlebih setelah media-media setempat memberitakan agama Islam sangat lekat dengan terorisme. Meski sangat benci dengan agama Islam, Ben yang diketahui sebagai fans fanatik Nottingham Forest tidak memiliki keinginan untuk menyerang umat Islam.

“Saya punya kebencian terhadap umat Islam, tapi saya tidak pernah mau menyerang Islam,” kata Ben mengutip dari The Guardian, Senin (13/7/2020).

Akan tetapi, pandangan Ben terhadap umat Islam berubah drastis setelah ia mengambil gelar Kajian Timur Tengah di University of Leeds. Salah satu tutor pun mengusulkan satu tema disertasi kepada Ben yakni sebuah lagu yang diberikan fans Liverpool khusus untuk Mohamed Salah.

Pada Februari 2018, segelintir fans Liverpool membuat lagu yang menarik perhatian. Dalam laga tersebut, salah satu liriknya tertulis bahwa fans tersebut siap berganti agama jika Salah kembali mencetak gol untuk Liverpool. Sekadar informasi, Mohamed Salah tampil ganas pada Liga Inggris 2017-2018, yang mana keluar sebagai top skor setelah mengoleksi 32 gol.

Sejak saat itu, Salah menjadi panutan Ben. Salah yang terkenal rajin sholat lima waktu, selalu membaca Alquran ketika dalam perjalanan membuat Ben memutuskan menjadi mualaf.

“Mohamed Salah menjadi Muslim pertama yang saya jadikan panutan. Caranya menjalani hidup, dan bagaimana dia berbicara dengan orang-orang. Ketika membaca Alquran, atau membaca mengenai Islam, banyak orang yang melihat sesuatu yang berbeda, dibanding dipotret media. Saya masih baru di komunitas Islam dan masih terus belajar,” kata Ben.

Selain itu, menurut data penelitian yang dilakukan Departemen Sains Politik Universitas Stanford, angka kejahatan yang menimpa warga muslim di Inggris turun 18,9 persen semenjak Salah tampil di Liga Inggris pada 2017.

Terlepas dari itu, Salah sedang berjuang menjadi top skor Liga Inggris tiga musim beruntun. Saat ini hingga Liga Inggris 2019-2020 memasuki pekan ke-35, Salah mengoleksi 19 gol, terpaut empat bola dari Jamie Vardy (Leicester City) sebagai top skor sementara Liga Inggris 2019-2020. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here